Carolina Puteri Carolina is a Pisces girl. She dreams of living in the world of Harvest Moon.

10 Aplikasi Laporan Keuangan Gratis Ini Bisa Permudah Bisnismu

3 min read

10 Aplikasi keuangan gratis

Akuntansi dalam bisnis tidak boleh disepelekan. Karena segala angka dalam catatan akuntansi bisa digunakan untuk banyak hal. Termasuk mengambil keputusan terkait perkembangan bisnis. Inilah alasan perlunya aplikasi laporan keuangan gratis.

Bagi perusahaan besar, mungkin tidak masalah jika harus merekrut accounting dengan gaji yang cukup mahal. Namun bagi usaha kecil menengah, merekrut tenaga accounting merupakan satu beban tersendiri. Karena belum mampu membayar gaji accounting yang tidak murah.

Ragam Aplikasi Laporan Keuangan Gratis

Teknologi mempermudah banyak hal. Termasuk dalam hal bisnis. Ada banyak aplikasi laporan keuangan gratis yang bisa dimanfaatkan untuk mencatat laporan keuntungan tanpa harus membayar tenaga accounting.

1. Aplikasi Laporan Keuangan Gratis PaperID

paperid Aplikasi keuangan gratis

PaperID merupakan salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh UMKM. Pasalnya, aplikasi ini bisa digunakan sebagai media penagihan dan pembayaran secara online.

Buyer bisa memilih berbagai cara pembayaran sesuai kebutuhan. Sedangkan supplier bisa mendapatkan pembayaran lebih cepat. Tentunya ini akan membuat proses transaksi dan bisnis menjadi lebih cepat.

Ada 3 fitur menyenangkan yang bisa anda gunakan. Ketiga fitur itu ialah payment, financing, dan invoicing. Ketiganya bisa membantu untuk menjalankan bisnis lebih baik lagi.

Kamu bisa dapatkan PaperID melalui link berikut, klik di sini.

2. Aplikasi Catatan Keuangan

catatan Aplikasi keuangan gratis

Bagi Kamu yang tidak mengerti bagaimana mencatat semua transaksi dalam jurnal akuntansi, memilih aplikasi Catatan Keuangan adalah hal yang tepat. Pasalnya, aplikasi ini akan membantu mencatat semua aliran kas.

Kas masuk dan keluar akan tercatat dengan baik oleh aplikasi yang telah didownload oleh 5 ribu orang. Tak hanya itu saja. Aplikasi ini juga menyematkan banyak fitur tambahan.

Seperti laporan keuangan harian hingga bulanan yang bisa diekspor dalam bentuk csv, Excel ataupun PDF.

Wajar jika aplikasi ini telah mendapat rating bintang 4.8 di Google Play Store. Karena tampilannya yang ringan membuat siapapun bisa menggunakannya. Termasuk pemula.

3. Aplikasi Catatan Keuangan Harian

aplikasi catatan harian keuangan gratis

Bagi yang masih pemula sekali, tidak ada salahnya mencoba menggunakan aplikasi Catatan Keuangan Harian ini. Karena selain mudah dan ringan, aplikasi ini juga memiliki fitur yang lengkap.

Seperti laporan keuangan, selisih kas, pemasukan dan pengeluaran kas, hingga fitur ekspor menggunakan Excel ataupun Spreadsheet. Tak perlu ragu untuk menginstalnya. Karena aplikasi ini telah digunakan lebih dari 14 ribu user.

4. Akuntansi UKM

Aplikasi keuangan gratis Akuntansi UKM

Aplikasi akuntansi keluaran dari WiinFeel ini layak dicoba. Seperti namanya, Akuntansi UKM ini selain gratis, juga memiliki kelebihan yang lain.

Seperti tidak adanya batasan tahun laporan keuangan, tanpa batasan periode, tanpa iklan, dan bisa digunakan baik untuk pribadi maupun perusahaan.

Tak hanya itu saja. Interface yang sangat sederhana membuat tampilannya tidak serumit aplikasi lainnya.

5. Money Lover

Aplikasi keuangan gratis money lover

Aplikasi ini mudah ditemukan pada Google Play Store ataupun AppStore. Bergambar celengan karakter babi yang berwarna hijau. Tidak hanya digunakan untuk aplikasi akuntansi saja. Tapi juga untuk Manajemen keuangan.

Aplikasi sederhana untuk android dan iOS ini dikembangkan oleh Finsity Technologi Company Limited. Aplikasi yang sangat diperlukan bagi Anda yang ingin menyusun anggaran dengan baik.

Tampilannya yang sangat sederhana ternyata tidak sesederhana fungsinya. Karena aplikasi ini bisa melakukan banyak hal hebat untuk Kamu.

Seperti pengingat hutang piutang, melihat tabungan, memantau pengeluaran, dan lain sebagainya. Sangat mendukung untuk kehidupan modern yang serba instan.

6. Catatan Keuangan Harian

Aplikasi Catatan Keuangan Harian

Aplikasi laporan keuangan gratis ini dikeluarkan oleh JMC IT Consultant. Dibuat untuk memudahkan pencatatan keuangan harian.

Kelebihan aplikasi ini dibandingkan dengan aplikasi lainnya adalah kemudahan saat input laporan data. Tidak perlu mengetik ulang. Cukup copy paste dengan menekan beberapa opsi.

Tak hanya itu saja. Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini dalam keadaan offline. Sangat praktis, hemat, dan anti ribet.

7. Expense Manager

Aplikasi keuangan gratis expense manager

Expense Manager adalah salah satu aplikasi akuntansi yang bisa ditemukan di Google Play Store ataupun AppStore. Tampilannya sangat sederhana. Sehingga mudah digunakan oleh pemula sekalipun.

Dengan aplikasi ini Kamu tidak hanya bisa mencatat laporan keuangan. Tapi juga mengetahui berapa pemasukan ataupun pengeluaran bisnis. Baik harian, mingguan, bulanan, hingga tahunan.

Apakah hanya itu saja? Ternyata tidak. Bagi Kamu yang menggunakan mata uang asing untuk transaksi, aplikasi ini juga mengcover perbedaan mata uang.

Dengan aplikasi ini pula Kamu bisa menjadwalkan beberapa tagihan. Seperti pembayaran listrik, pulsa, token, hingga hutang piutang lainnya.

Untuk file penyimpanannya sendiri juga cukup lengkap. Kamu bisa membackup data dengan aman. Menggunakan iCould jika menggunakan iOS. Dan Dropbox bagi Anda yang menggunakan Google.

8. Finansialku

Aplikasi keuangan gratis Finansialku

Belum menemukan aplikasi laporan keuangan gratis yang recommended? Kalau begitu, Kamu perlu mencoba aplikasi Finansialku. Dari sekian aplikasi yang direkomendasikan bagi pemula, Finansialku merupakan aplikasi yang yang bisa diandalkan.

Selain menyediakan berbagai fitur yang mudah untuk pemula, aplikasi ini juga menyediakan fitur yang sangat menarik. Fitur tersebut adalah konsultasi keuangan secara online dan gratis.

Nah, bagi Kamu yang masih awam dalam hal penyusunan laporan keuangan, menggunakan aplikasi ini sangatlah membantu. Terlebih lagi konselornya adalah konsultan keuangan yang bersertifikat.

Kabar baiknya lagi, Kamu juga akan mendapat berbagai literasi keuangan melalui artikel ataupun podcast yang tersedia. Bagaimana? Tertarik menggunakannya?

Langsung saja download aplikasi ini di Google Play Store ataupun AppStore. Lalu install dan rasakan manfaatnya.

9. Akuntansi Keuangan

aplikasi Akuntansi Keuangan

Jika beberapa aplikasi di atas hanya sebatas mencatat kas masuk dan pengeluaran saja, berbeda dengan aplikasi Akuntansi Keuangan ini. Dari namanya saja Kamu pasti sudah bisa menebak.

Aplikasi laporan keuangan gratis yang satu ini tidak hanya menyajikan laporan kas masuk dan keluar saja. Tapi juga membuat laporan keuangan layaknya perusahaan profesional.

Mulai dari proses penjurnalan, membuat neraca, neraca saldo, laporan laba rugi, hingga analisis laporan keuangan. Semuanya tersaji lengkap untuk laporan harian, bulanan hingga tahunan.

Tidak hanya itu saja. Fitur tampilannya sangat sederhana. Sehingga bisa digunakan bagi mereka yang masih pemula.

Baca Juga:

10. Money Manager Expense and Budget

Money Manager Expense and Budget

Pertama melihat aplikasi ini di Google Play Store dan AppStore, Kamu pasti tertarik dengan logonya. Celengan babi dengan warna kuning yang menyilaukan. Membuat siapapun ingin menginstalnya.

Tapi bukan itu kelebihan dari aplikasi Money Manager Expense and Budget ini. Melainkan fitur canggih dan sederhana yang disematkan pengembangnya. Membuat siapapun bisa menyusun laporan keuangan sederhana.

Tak hanya membuat laporan keuangan saja. Tapi juga mengatur keuangan melalui pemasukan dan pengeluaran.

Pilihan bahasanya juga beragam. Mulai dari bahasa Inggris, Jerman, Hindi, Korea, Rusia, Prancis, dan lain sebagainya.

Nah, itulah 10 aplikasi yang bisa Kamu manfaatkan untuk membuat laporan keuangan. Tidak semua orang bisa membuat laporan keuangan. Tapi bukan berarti laporan keuangan adalah bagian bisnis yang bisa diabaikan begitu saja.

Dari 10 aplikasi laporan keuangan gratis di atas bisa membantu menyajikan laporan arus kas hingga laporan keuangan dengan baik. Membuat bisnis bisa tercatat dengan baik.

Disaya Aja

Carolina Puteri Carolina is a Pisces girl. She dreams of living in the world of Harvest Moon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *