Om Baldan Founder & CEO Disaya.co.id | Founder IMNU | Pejuang Keluarga yang terus belajar banyak hal dan berharap keberkahan Ilmu dari para Guru Kehidupan.

Aplikasi Web, Jenis, Contoh dan Skill yang Dibutuhkan untuk Membuatnya

5 min read

Aplikasi web

Era digital memungkinkan siapa saja untuk bersinggungan dengan aplikasi web, disadari atau tidak. Mungkin sebagian dari Kamu masih asing dengan istilah yang satu ini. Tapi tidak sedikit yang sudah mengoptimalkan keberadaannya, bahkan telah merasakan manfaatnya untuk mendukung kemajuan bisnis secara spesifik.

Salah satu contoh aplikasi web yang paling populer adalah media sosial dan e-commerce. Sebagian dari Kamu mungkin getol, bahkan kecanduan dalam menggunakan sosial media. Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube, dan yang lainnya, kerap diKamulkan untuk berinteraksi, menghabiskan waktu, bahkan untuk berbisnis, bukan?

Tentu saja Kamu berpeluang untuk menjadi pengguna pasif, bahkan memiliki aplikasi web untuk tujuan tertentu. Artikel kali ini akan memberikan pemahaman yang lebih baik dan menyeluruh tentang apa itu aplikasi web, apa saja jenis-jenisnya, contoh-contoh web berbasis aplikasi, hingga syarat khusus jika Kamu tertarik untuk membuat aplikasi berbasis web.

Apa yang Dimaksud dengan Aplikasi Web?

apa yang dimaksud dengan aplikasi web

Untuk mendapatkan pemahaman yang lengkap tentang Aplikasi Web, mari kita mulai dengan mengurai asal katanya. Ini merupakan gabungan dari dua kata, yakni “Aplikasi” dan “Website”. Untuk kata pertama, aplikasi merupakan software yang harus terlebih dahulu dipasang atau diunduh di PC atau Smartphone agar kita bisa mengakses atau mengambil manfaatnya.

Ketika aplikasi didesain berbasis web, Kamu tidak harus meng-install-nya terlebih dahulu. Aplikasi berbasis web bisa diakses secara otomatis melalui web browser, dan tentu saja Kamu harus memiliki sambungan internet.

Dengan kata lain, ini merupakan program yang memanfaatkan teknologi website, sehingga Kamu bisa merancang berbagai tugas melalui internet.

Di awal pembahasan, kami sudah menyebutkan tentang Facebook, Instagram, maupun Youtube sebagai beberapa contoh aplikasi web yang paling populer. Tentu saja jangkauan aplikasi web lebih luas dan dinamis. Ia bisa meliputi berbagai aspek kepentingan yang bisa mendukung berbagai aktivitas digital. Di antaranya portal berita, situs belanja, aneka permainan, dan kebutuhan lainnya yang berkaitan dengan bisnis Kamu.

Aplikasi web akan membuka peluang sebanyak mungkin orang untuk mengaksesnya. Para pengguna tidak perlu repot-repot untuk mengunduh, atau khawatir memori smartphone mereka penuh.

Aplikasi web menggunakan PHP dan ASP dalam penyimpanan dan pengambilan informasi. Di sisi lain, penggunaan client-side scripts berupa JavaScript dan HTML memungkinkan sajian informasi yang nyaman dan beragam untuk para penggunanya.

Mengapa Aplikasi Web Itu Amat Penting?

Promosi digital sudah terbukti sukses untuk mendapatkan sebanyak mungkin konsumen tertarget. Kamu bahkan tidak perlu selalu mengeluarkan modal promosi yang besar. Sebab internet memfasilitasi promosi yang mudah dan murah, salah satunya dengan melalui aplikasi yang berbasis website.

Lantas mengapa ia menjadi penting dan banyak diminati? Mari simak alasan-alasannya berikut ini.

– Akses yang Mudah dan Dinamis

Pengguna bisa lebih mudah mengakses aplikasi dari platform manapun. Kamu tidak perlu membuat pelanggan repot karena aplikasi web tidak perlu diinstal, atau bergantung pada perangkat tertentu.

Aplikasi bisa diakses di semua web browser selama perangkat terkoneksi dengan internet. Pengguna android dan iOS punya peluang yang sama untuk mengaksesnya tanpa harus melewati proses yang berbelit-belit.

– Hemat Ruang Penyimpanan

Pengguna tidak perlu khawatir ruang penyimpanan di smartphone akan berkurang ketika mengakses aplikasi web, meski dalam intensitas yang tinggi. Tidak seperti aplikasi mobile, aplikasi berbasis web relatif tidak menghabiskan ruang penyimpanan. Di sisi lain, biaya pembuatan dan perawatannya pun lebih ringan sehingga lebih disukai developer dan kreator.

Jenis-jenis Aplikasi Web

jenis-jenis aplikasi web

Aplikasi web bisa diibaratkan seperti adonan tepung. Ia bisa dibuat dalam desain apapun dengan tujuan yang spesifik. Tak terbatas untuk pembuatan media sosial saja, berikut ini jenis-jenis aplikasi web yang bisa Kamu buat:

Web Bisnis

Aplikasi Web bisa dirancang untuk berbisnis, lebih tepatnya untuk memfasilitasi kegiatan jual beli dan transaksi secara online. Jenis aplikasi web semacam ini bisa juga disebut dengan e-commerce. Kita bisa sebut Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan yang lainnya sebagai contoh web bisnis.

Aplikasi web jenis ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan informasi toko, beragam produk, hingga berinteraksi antara penjual dan pembeli. Sebagai pengguna, Kamu bahkan bisa memilih metode ekspedisi pengiriman barang, membayar dan memberikan review pada produk tertentu.

Web Media Sosial

Keberadaan Facebook, Instagram maupun twitter sangat populer sebagai contoh dari Aplikasi Web. Antarpengguna bisa saling berkomunikasi secara cepat dan real time. Kamu bahkan bisa saling berkirim pesan suara, gambar dan video melalui media sosial.

Tentu saja siapapun bisa membuat media sosial untuk komunikasi di lingkup yang lebih spesifik. Atau justru Kamu sedang ancang-ancang membuat media sosial pesaing facebook?

Web untuk Sistem Informasi

Aplikasi web juga bisa digunakan secara efektif untuk sistem informasi di lingkup tertentu. Misalnya, Sistem Informasi untuk koordinasi di organisasi atau perusahaan tertentu, baik yang berskala besar, menengah maupun kecil. Aplikasi web bisa mengoptimalkan kinerja tim, transparansi data, hingga bisa diKamulkan untuk bahan evaluasi kinerja.

Web Pencarian

Istilah “Search Engine” atau “Mesin Pencari” sangat populer, dan Kamu harus tahu bahwa ini merupakan bagian dari aplikasi web. Penggunaan web pencarian memungkinkan Kamu mendapatkan informasi apapun secara cepat dan akurat. Kamu hanya perlu menggunakan kata kunci yang tepat untuk membuat pencarian yang spesifik.

Web Portal Berita

Jenis aplikasi web semacam ini telah dimanfaatkan oleh sejumlah perusahaan media, dan terbukti efektif. Ketika mereka telah memiliki tim reporter dan editor yang kuat, berita bisa disajikan secepat-cepatnya tanpa harus mengeluarkan biaya tinggi maupun proses yang panjang. Contoh terpopuler untuk web portal berita adalah detik.com, kompas.com dan yang lainnya.

Selain jenis-jenis di atas, aplikasi web juga bisa berupa web server maupun web browser. Tentu saja penggunaannya yang dinamis membuka peluang bagi siapa saja untuk memanfaatkannya secara optimal.

Bahkan jika Kamu sangat awam dengan dunia programming, tidak perlu khawatir. Sebab ada banyak penyedia jasa pembuatan aplikasi web yang profesional, dan siap mendukung bisnis Kamu secara optimal.

Contoh Aplikasi Apa Saja yang Berbasis Web?

Contoh Aplikasi Apa Saja yang Berbasis Web

Penjelasan tentang jenis-jenis aplikasi web sudah sekaligus membuat Kamu juga tahu tentang berbagai contoh penggunaan aplikasi berbasis web. Ia mendukung kemudahan belanja secara online. Jadinya kita bisa memanfaatkan sejumlah fasilitas dan layanan yang ada di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan yang sejenisnya.

Begitu pun ketika Kamu ingin mengakses layanan surat elektronik, atau ingin mengolah dokumen tertentu untuk pekerjaan maupun bisnis. Aplikasi web berupa Gmail, Google Docs, Google Spreadsheet dan yang lainnya akan memudahkan pekerjaan Kamu. Aplikasi-aplikasi tersebut bisa diakses lewat perangkat manapun, dan tidak perlu melewati proses install dan proses lainnya yang berbelit-belit.

Aplikasi web juga membuat orang bisa mendapatkan hiburan dengan sangat praktis. Kamu bisa chatting dan bertukar informasi dengan teman secara cepat dan mudah tanpa harus terkendala biaya tinggi.

Pada intinya, keberadaan aplikasi web bisa memudahkan semua orang mendapatkan segala kebutuhannya, hanya dengan menggenggam smartphone yang terkoneksi internet.

Tapi sebagian orang menolak hanya jadi pengguna saja. Tidak sedikit pebisnis yang merancang aplikasi web tertentu untuk kebutuhan yang spesifik. Misalnya, untuk mendukung promosi bisnis, personal branding, dan tujuan komersial lainnya.

Skill yang Dibutuhkan untuk Membuat Aplikasi Berbasis Web

Skill yang Dibutuhkan untuk Membuat Aplikasi Berbasis Web

Ketika Kamu berpikir untuk menjadi kreator aplikasi web jenis tertentu, Kamu setidaknya harus memiliki beberapa skill tertentu. Seperti merancang bangunan atau lukisan yang menarik, tentu saja Kamu harus punya selera dan tujuan yang bagus. Tapi itu saja tidak cukup, karena Kamu juga harus mempelajari banyak hal teknis.

Jika pun membuat Aplikasi Web tertentu terasa berat, Kamu bisa mempercayakan pembuatannya pada tim yang profesional. Meski begitu, Kamu tetap harus melengkapi diri dengan skill khusus, agar pembuatan aplikasi web bisa sesuai dengan apa yang Kamu inginkan.

Berikut ini beberapa skill yang harus dimiliki ketika ingin membuat aplikasi berbasis web:

Menguasai Bahasa Pemrograman

Orang yang akan merancang aplikasi web jenis tertentu seharusnya sudah menguasai bahasa pemrograman. Ini bisa jadi Kamu, maupun orang yang Kamu tunjuk untuk membuat aplikasi web tertentu. HTML, CSS dan JavaScript merupakan tiga bahasa pemrograman yang saat ini wajib dikuasai sebagai hal paling dasar dalam membuat website.

Menguasai CSS Preprocessors

Ini merupakan elemen yang bisa mempercepat proses coding CSS. Dengan begitu, perancangan web bisa lebih rapi dan ramah untuk diakses. Selain itu, penggunaan CSS Preprocessors memungkinkan pengelolaan yang lebih scalable dan lebih mudah diulik.

Mampu Mengoptimalkan Frameworks dan Query

Pembuatan website bisa dilakukan lebih cepat ketika Kamu bisa memanfaatkan keberadaan CSS Framework dan JS Frameworks. Ini merupakan sistem yang menyediakan kode siap pakai sehingga Kamu tidak perlu membangun website dari nol. Kamu hanya perlu melakukan modifikasi dan penyesuaian tertentu, dan pekerjaan akan berlangsung lebih cepat dan tetap efektif.

Mahir dalam Testing dan Debugging

Ini merupakan proses evaluasi sebelum aplikasi web dirilis. Kamu harus memastikan tidak ada bug yang akan mengganggu kinerja web ketika diakses oleh berbagai pengguna. Dengan metode yang sangat teknis, seorang pembuat aplikasi web harus mahir dalam menyelesaikan masalah, menyesuaikan desain, hingga membuat kinerja aplikasi khas dan optimal.

Tentu saja masih banyak lagi skill yang harus Kamu kuasai ketika ingin membuat aplikasi web. Pada intinya, Kamu harus bisa mendesain aplikasi yang mudah dan nyaman digunakan. Ini akan berdampak pada peningkatan ketertarikan pengguna internet untuk mengakses aplikasi web yang sudah Kamu rancang.

Pembuatan aplikasi web bisa jadi rumit dan sulit, ketika Kamu tidak memiliki dasar dan skill yang kuat, terutama dalam mengolah bahasa pemrograman. Kamu tidak perlu memaksakan diri, tapi juga tidak perlu mengurungkan niat, ketika ingin memiliki aplikasi web yang efektif. Sebagai jalan terbaik, Kamu bisa menjalin kemitraan dengan tim profesional yang mahir di bidangnya.

Baca juga:

Tapi tentu saja akan ada banyak perusahaan yang menawarkan jasa pembuatan aplikasi web. Tugas Kamu adalah selektif memilih perusahaan yang tepat, dan bisa menjawab kebutuhan Kamu, serta menerjemahkan tujuan Kamu. Selektif memilih web developer akan membuat Kamu bisa memiliki aplikasi yang keren, mudah dioperasikan, serta mendukung bisnis Kamu secara optimal.

Kami, disaya.co.id bisa masuk ke dalam daftar perusahaan jasa pembuatan aplikasi web yang paling direkomendasikan. Kamu bisa melakukan riset lebih lanjut terhadap perusahaan kami, untuk memastikan rekam jejak dan portofolio kami yang berkualitas.

Tidak hanya membangun web, kami bahkan menyediakan layanan dukungan agar bisnis Kamu berkembang secara optimal dan berkelanjutan.

Disaya Aja

Om Baldan Founder & CEO Disaya.co.id | Founder IMNU | Pejuang Keluarga yang terus belajar banyak hal dan berharap keberkahan Ilmu dari para Guru Kehidupan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *