Fauziah Islami Writer at Disaya. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

Cara Membangun Startup Digital yang Sukses

8 min read

Cara Membangun Startup Digital Paling Lengkap

Cara membangun startup merupakan salah satu topik yang banyak dicari oleh para pengusaha pemula atau calon pengusaha.

Startup merupakan perusahaan rintisan atau yang baru dibentuk dengan tujuan untuk mengembangkan dan menjual produk atau jasa baru yang lebih inovatif.

Pengertian Startup

Pengertian Startup

Startup adalah perusahaan yang baru dibentuk dan masih dalam tahap pengembangan. Startup biasanya didirikan oleh sekelompok orang yang ingin mengembangkan ide bisnis baru atau produk atau jasa yang inovatif.

Menurut Steve Blank, startup merupakan organisasi sementara yang mencari bisnis yang terukur serta berulang. Ini berbeda dengan bisnis kecil yang berjalan dengan model bisnis tetap.

Tokoh bisnis lain, yaitu Eric Ries menjelaskan bahwa startup merupakan institusi manusia yang didesain untuk menciptakan produk dan jasa baru di bawah kondisi tak menentu yang ekstrim.

Tujuan utama dari sebuah startup adalah untuk mencapai pertumbuhan yang cepat dan menjadi perusahaan yang sukses.

Startup umumnya memiliki struktur organisasi yang fleksibel dan dinamis, serta biasanya memiliki tim yang terdiri dari orang-orang yang memiliki kemampuan dan minat yang sesuai dengan bisnis yang dikembangkan.

Startup sering dianggap sebagai perusahaan yang berisiko tinggi, karena keberhasilan bisnisnya sangat tergantung pada kemampuan tim Anda dalam mengembangkan produk atau jasa yang inovatif, serta kemampuan dalam memasarkan produk Anda ke pasar.

Namun, jika berhasil, startup bisa menjadi perusahaan yang sangat sukses dan menguntungkan bagi para pendirinya.

Ciri dan Karakteristik Perusahaan StartUp

Ciri dan Karakteristik Perusahaan StartUp

Bagaimana membedakan startup dengan jenis usaha lainnya? Berikut beberapa ciri atau karakteristik yang dimiliki sebuah startup.

  • Memiliki ide bisnis yang inovatif: Startup biasanya didirikan untuk mengembangkan dan menjual produk atau jasa yang baru dan inovatif, yang belum pernah ada sebelumnya di pasar.
  • Memiliki struktur organisasi yang fleksibel: Startup biasanya memiliki struktur organisasi yang fleksibel dan dinamis, sehingga mudah beradaptasi dengan perubahan pasar.
  • Memiliki tim yang dengan kemampuan dan minat yang sesuai: Startup biasanya memiliki tim yang terdiri dari orang-orang yang memiliki kemampuan dan minat yang sesuai dengan bisnis yang dikembangkan, sehingga bisa bekerja secara efektif.
  • Fokus pada pertumbuhan yang cepat: Startup biasanya berfokus pada pertumbuhan yang cepat, dengan tujuan untuk menjadi perusahaan yang sukses.
  • Sumber Finansial: Startup biasanya mencari sumber finansial dari investor atau pinjaman bank untuk mendukung pertumbuhan bisnisnya.
  • Berisiko tinggi: Startup biasanya dianggap sebagai perusahaan yang berisiko tinggi, karena keberhasilan atau kegagalan bisnisnya sangat tergantung pada kemampuan tim dalam mengembangkan produk atau jasa yang inovatif, serta kemampuan mereka dalam memasarkan produk tersebut ke pasar.

Jenis-jenis Startup

Jenis-jenis Startup

Cara membangun startup digital mulanya dengan menentukan jenis dan tujuannya. Ada banyak jenis startup yang dapat didirikan untuk menjadi bagian solusi bagi permasalahan masyarakat.

Terdapat beberapa jenis startup yang biasa dikenal, yaitu:

Consumer startup

Startup yang fokus pada produk atau jasa untuk konsumen individu, seperti aplikasi pemesanan makanan atau layanan transportasi online.

B2B startup

Startup yang menjual produk atau jasa ke perusahaan lain, seperti perusahaan yang menyediakan software untuk keperluan bisnis.

Social impact startup

Meskipun startup sering distereotipkan sebagai perusahaan yang bertujuan mendapatkan untung besar, tapi ada juga jenis sosial startup.

Startup jenis ini bertujuan untuk memecahkan masalah sosial atau lingkungan, seperti perusahaan yang mengembangkan teknologi ramah lingkungan atau layanan kesehatan bagi masyarakat miskin.

Misalnya sebuah startup amal yang mengumpulkan dana untuk kebutuhan siswa yang kurang mampu.

E-commerce startup

E-commerce startUp adalah Startup yang menjual produk secara online, seperti toko online atau aplikasi pembelian barang melalui internet.

Healthtech startup

Healthtech StartUp adalah Startup yang mengembangkan teknologi yang berkaitan dengan kesehatan, seperti perusahaan yang menyediakan aplikasi pemantauan kesehatan atau alat medis canggih.

Edtech startup

EdTech Startup merupakan Startup yang mengembangkan teknologi yang berkaitan dengan pendidikan, seperti perusahaan yang menyediakan aplikasi belajar atau layanan kursus online.

Fintech Startup

Jenis startup ini merupakan Startup yang mengembangkan teknologi yang berkaitan dengan keuangan, seperti perusahaan yang menyediakan layanan pembayaran online atau aplikasi investasi.

Agritech startup

Agritech startup adalah Startup yang mengembangkan teknologi yang berkaitan dengan pertanian, seperti perusahaan yang menyediakan aplikasi pemantauan tanaman atau alat pertanian canggih.

Artifical intelligence startup

Artifical intelligence startup adalah Startup yang mengembangkan teknologi kecerdasan buatan, seperti perusahaan yang menyediakan aplikasi pembelajaran mesin atau layanan pengolahan data dengan menggunakan kecerdasan buatan.

Lalu, bagaimana cara membangun startup?

Cara Membangun Startup yang Sukses

Cara Membangun Startup yang Sukses

Membangun startup memang tidak mudah, tapi dengan langkah-langkah yang tepat, Anda bisa mengumpulkan modal, mengelola tim, dan mengembangkan bisnis Startup yang sukses.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk membangun startup:

Merumuskan ide bisnis

Cara membangun startup yang paling pertama adalah merumuskan ide bisnis yang akan Anda kembangkan. Ide bisnis ini tentunya harus inovatif dan memiliki potensi pasar yang cukup luas.

Buatlah Business Plan.

Business plan merupakan rancangan bisnis yang memuat informasi mengenai produk atau jasa yang akan dijual, target pasar, serta cara mencapai tujuan bisnis.

Membuat bisnis plan merupakan langkah penting dalam membangun startup, karena bisnis plan akan menjadi panduan bagi tim dalam mengembangkan bisnis.

Business plan biasanya berisi tujuan bisnis, strategi yang akan digunakan, serta estimasi biaya dan proyeksi keuntungan, serta berfungsi sebagai alat untuk menarik investor atau mencari partner bisnis.

Baca Juga: Bisnis Model Canvas, Kompasnya Para Pengusaha

Bangun Tim yang Tepat

Setelah Anda memiliki ide bisnis yang jelas, cara membangun startup selanjutnya adalah mencari tim.

Membangun startup tidak bisa dilakukan sendiri, maka dari itu Anda perlu mengumpulkan tim yang tepat yang dapat membantu Anda mengembangkan bisnis tersebut.

Tim tersebut terdiri dari orang-orang yang memiliki keahlian dan minat yang sesuai dengan bisnis yang akan Anda bangun.

Baca Juga: 7 Cara Membangun Tim Kerja yang Baik untuk Bisnismu

Mencari Sumber Pendanaan

Untuk mengembangkan bisnis, startup biasanya memerlukan sumber finansial yang cukup. Startup bisa mencari sumber finansial dari investor atau mengajukan pinjaman ke bank.

Selain itu, Anda juga bisa mengikuti program pemerintah atau lembaga yang memberikan bantuan modal bagi StartUp.

Legalkan Startup Anda

Setelah memiliki sumber finansial yang cukup dan membuat bisnis plan, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan perusahaan startup Anda ke badan hukum yang berwenang, seperti Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Menjalankan StartUp Anda

Setelah perusahaan startup anda terdaftar, langkah selanjutnya adalah menjalankan bisnis sesuai dengan bisnis plan yang telah Anda buat sebelumnya. Hal ini meliputi pemasaran produk atau jasa ke market, serta mengelola keuangan perusahaan dengan baik.

Baca Juga: Cara Membuat Laporan Keuangan Bagi Pemula, Sangat Mudah!

Evaluasi dan tingkatkan performa

Setelah memulai Startup Anda, jangan lupa untuk terus mengevaluasi dan meningkatkan performa bisnis Anda.

Analisis data pelanggan dan laporan keuangan bisa menjadi cara yang efektif untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan bisnis kita, sehingga Anda bisa mengembangkannya lebih lanjut.

Itulah beberapa Langkah dan cara membangun startup yang dapat Anda lakukan. Membangun startup memang tidak mudah, tapi dengan usaha yang keras dan komitmen yang kuat, Anda bisa menjadi pengusaha yang sukses.

Tingkatan Perusahaan Startup

Tingkatan Perusahaan Startup

Biasanya ada beberapa tingkatan atau tahap yang dialami oleh sebuah startup selama proses pertumbuhannya, yaitu:

  • Tahap ide (idea stage). Ini adalah tahap dimana seseorang atau sekelompok orang memiliki ide bisnis yang masih abstrak dan belum memiliki bentuk konkret. Pada tahap ini, seseorang atau tim biasanya masih mencari partner bisnis atau investor yang akan mendukung ide tersebut.
  • Tahap pendirian (founding stage). Ini adalah tahap dimana sebuah startup sudah didirikan dan mulai menjalankan bisnisnya secara formal. Pada tahap ini, tim biasanya sudah memiliki struktur organisasi yang jelas dan mulai mencari pelanggan atau konsumen.
  • Tahap pertumbuhan (growth stage). Ini adalah tahap dimana startup sudah mulai tumbuh dan mengalami pertumbuhan yang signifikan, baik dari segi penjualan maupun laba. Pada tahap ini, startup biasanya sudah memiliki tim yang lebih besar dan sudah mulai mengembangkan bisnisnya ke pasar yang lebih luas.
  • Tahap matang (maturity stage). Ini adalah tahap dimana startup sudah menjadi perusahaan yang stabil dan memiliki pangsa pasar yang terdefinisi dengan baik. Pada tahap ini, startup biasanya sudah memiliki sistem yang terorganisir dengan baik dan sudah mulai mengadopsi strategi yang lebih konservatif untuk mempertahankan posisinya di pasar.

Perusahaan startup juga bisa dibagi berdasarkan tingkatan atau nilai valuasinya. Penilaian ini dilakukan dengan pertimbangan pelanggan, kinerja perusahaan, dan reputasinya.

Seiring waktu makna nilai valuasi startup sendiri mulai bergeser maknanya. Ini kemudian dilihat dari peluang pertumbuhan dan perkembangannya di pasar potensial. Lalu, apa saja tingkatan perusahaan startup?

Cockroach

Startup di tingkatan awal disebut dengan Cockroach. Pada tahapan ini mereka memiliki nilai valuasi yang masih rendah.

Perusahaan startup di level ini biasanya masih memiliki struktur organisasi yang berantakan serta biaya pengeluaran yang rendah.

Pony

Tingkatan perusahaan startup selanjutnya, yaitu Pony. Di tahapan ini, perusahaan memiliki nilai valuasi sekitar 140 miliar rupiah. Mereka yang bisa mempertahankan kestabilannya bisa meningkatkan nilai valuasinya.

Di tahapan ini, perusahaan dapat menarik investor untuk mendapatkan dana sehingga usaha dapat terus berkembang.

Unicorn

Istilah Unicorn pertama kali dikenalkan oleh Aileen Lee, pendiri Cowboy Venture. Pada artikel tahun 2013 ia menyebutkan Unicorn sebagai perusahaan startup yang bernilai 1 miliar dollar Amerika.

Decacorn

Decacorn merupakan istilah lanjutan setelah Unicorn. Perusahaan startup Decacorn merupakan perusahaan yang memiliki nilai lebih dari 10 miliar dollar Amerika.

Hectocorn

Hectocorn merupakan istilah bagi perusahaan startup yang memiliki nilai valuasi melebihi 100 miliar dollar Amerika. Nilai valuasi ini bisa berasal dari perusahaan yang lebih besar yang ingin membelinya.

Centaur

Centaur startup merupakan startup yang memiliki penghasilan tahunan sekitar 100 juta dollar. Istilah startup Centaur sendiri disebut sebagai pengganti tingkatan Unicorn dan sejenisnya.

Bessemer Venture Partners mengenalkan konsep Centaur ini. Mereka tidak berdasarkan nilai valuasi, namun ARR atau annual recurring revenue. Ini disebut sebagai pandangan yang lebih rasional bagi investasi dan operasi keuangan startup.

Bagi sebuah startup, tahap pertumbuhan merupakan tahap yang sangat penting, karena pada tahap ini startup harus mampu mengalami pertumbuhan yang signifikan agar bisa bertahan di pasar.

Namun, tidak semua startup bisa sampai ke tahap matang, banyak startup yang gagal di tahap pertumbuhan atau bahkan sebelumnya.

Oleh karena itu, penting bagi Anda atau tim startup Anda untuk terus belajar dan beradaptasi dengan perubahan pasar agar bisa bertahan dan tumbuh.

Pendanaan Startup

Pendanaan Startup

Pendanaan atau pembiayaan merupakan salah satu faktor yang sangat penting bagi keberlangsungan sebuah startup.

Tanpa sumber finansial yang cukup, startup akan kesulitan untuk mengembangkan bisnis dan bahkan bisa gagal.

Berikut ini beberapa jenis pendanaan startup.

Pendanaan Series

Series funding yaitu ketika startup mengumpulkan dana secara bertahap. Setiap pendanaan tersebut akan meningkat lebih tinggi dari sebelumnya sehingga meningkatkan nilai bisnis. Ini dibagi menjadi series A, B, C, D, dan E.

Crowdfunding

Pendanaan startup bisa melalui crowdfunding. Crowdfunding merupakan metode mengumpulkan modal melalui kolektif seperti teman, keluarga, pelanggan, dan investor individu.

Pendekatan ini bisa melibatkan banyak pihak dan biasanya dikumpulkan secara online melalui platform crowdfunding atau sosial media.

Cara ini sebenarnya berbeda dari cara biasa yang dilakukan perusahaan umum.

Pinjaman

Pinjaman bisa menjadi salah satu cara pendanaan startup. Mendapatkan dana dari pinjaman umum dilakukan saat akan mendirikan bisnis atau mengembangannya. Dana pinjaman bisa didapatkan dari bank atau lembaga keuangan terpercaya lainnya.

Teman dan Keluarga

Pendanaan StartUp juga kadang bisa dengan mendapatkan dana dari orang-orang terdekat lebih dulu. Teman dan keluarga bisa menjadi sumber dana awal, baik itu berupa pinjaman atau investasi.

Namun, meskipun keluarga dan teman dekat namun sebaiknya Anda tetap membuat perjanjian tertulis sehingga bisa dipertanggungjawabkan.

Venture Capital

Pendanaan startup juga bisa melalui pendanaan venture capital. Perusahaan venture capital merupakan perusahaan yang memberikan modal investasi pada startup dan bisnis kecil.

Tujuan dari investasi venture capital yaitu mendapatkan pengembalian yang tinggi. Ini menjadi pilihan yang bagus bagi startup yang mencari pendanaan besar dan cepat.

Perusahaan venture capital biasanya dijalankan oleh beberapa rekanan yang mengumpulkan dana besar dari sekelompok limited partner (LP) untuk berinvestasi.

Angel Investor

Angel investor merupakan individu yang memiliki banyak modal. Mereka mencari tempat untuk berinvestasi salah satunya pada startup. Bekerja sama dengan angel investor terbilang lebih mudah karena mereka individu yang memutuskan sendiri.

Pilihan cara pendanaan yang tepat tergantung pada kondisi masing-masing startup dan tujuan pendanaan yang ingin Anda capai.

Namun, sebaiknya startup mempertimbangkan kemampuan untuk membayar kembali dana yang dipinjam dan mengevaluasi risiko yang mungkin terjadi sebelum memutuskan cara pendanaan yang tepat.

Program Pembinaan Startup dari Pemerintah

Program Pembinaan Startup dari Pemerintah

Jika Anda masih bingung bagaimana cara membangun startup, ada cara paling gampang yang bisa Anda lalui, yaitu dengan mengikuti program pemerintah untuk StartUp.

Pemerintah Indonesia memiliki program pembinaan bagi startup. Ini dapat dimanfaatkan bagi Anda yang ingin mendirikan atau mengembangkan startup.

Program ini bisa membantu Anda yang ingin menambah pengetahuan, memperluas jaringan, atau mendapatkan mitra untuk startup.

Berikut beberapa program pembinaan startup dari pemerintah.

Sekolah Beta

Sekolah Beta merupakan program dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. Program ini berupa pembinaan untuk talenta digital bagi startup. Terdapat beberapa kelas pilihan terkait materi startup digital.

1.000 Startup Digital

Ini merupakan program pembinaan untuk membangun startup digital. Di sini ada program seminar online, networking, workshop, hacksprint, bootcamp, dan hatch.

Startup Studio Indonesia

Startup Studio merupakan program yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk startup digital yang ingin mencapai tahap product-market fit dengan traction yang menjanjikan dan memiliki founder yang potensial..

Program ini memfasilitasi startup guna mendapat talenta digital dan pengembangan bisnisnya.

Hub Id

Hub Id merupakan platform dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia juga yang fokus mendukung startup lokal untuk memanfaatkan jaringan mitra korporat dan pemerintah.

Startup lokal bisa mengikuti program akselerator dan pencocokan bisnis dengan mitra atau investor.

Program-program pembinaan startup dari pemerintah biasanya ditujukan bagi startup yang masih dalam tahap awal pengembangan dan membutuhkan bantuan untuk mengembangkan bisnis.

Namun, terkadang ada juga program yang ditujukan bagi startup yang sudah tumbuh dan membutuhkan dukungan untuk terus tumbuh dan berkembang.

Bagi startup yang berminat untuk mengikuti program pembinaan dari pemerintah, biasanya harus memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan, seperti memiliki ide bisnis yang inovatif atau memiliki potensi pertumbuhan yang tinggi.

Selain itu, startup juga harus mengajukan proposal atau dokumen yang diperlukan sesuai dengan program yang diikuti.

Kesimpulan

Startup merupakan jenis usaha yang memiliki potensi pertumbuhan yang tinggi, namun juga dianggap sebagai usaha yang berisiko tinggi.

Banyak orang yang tertarik untuk memulai startup karena ingin membuktikan kemampuan dan kreativitasnya dalam mengembangkan ide bisnis yang inovatif.

Meski terdengar menantang, membangun startup juga merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan bagi banyak orang.

Hal ini karena startup biasanya memiliki struktur organisasi yang fleksibel dan dinamis, sehingga tim dapat bekerja sesuai dengan minat dan kemampuan masing-masing.

Selain itu, startup juga memberikan kesempatan bagi tim untuk belajar dan berkembang bersama-sama.

Namun, tidak semua startup bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan sebuah startup, seperti ide bisnis yang inovatif, tim yang solid, serta kemampuan dalam mengelola keuangan perusahaan.

Oleh karena itu, penting bagi para Founder startup memahami betul bagaimana cara membangun StartUp yang benar, terus belajar dan beradaptasi dengan perubahan pasar agar Anda bisa bertahan dan tumbuh.

Disaya Aja

Fauziah Islami Writer at Disaya. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *