Carolina Puteri Carolina is a Pisces girl. She dreams of living in the world of Harvest Moon.

Cara Membuat WhatsApp Bisnis dan Tips Agar Akun Tetap Aman

3 min read

Cara Membuat WhatsApp Bisnis dan Tips Keamanan Akun

Selain Aplikasi WhatsApp Messenger yang Umum dipakai, saat ini sudah mulai juga banyak yang menggunakan WA Bisnis, terutama yang berjualan online dan menjadikan Cs sebagai ujung tombaknya. Lalu bagaimana cara membuat WhatsApp bisnis agar sesuai dengan kebutuhan kita?

Sebelumnya, perlu kamu tahu bahwa pengguna WhatsApp per Tahun 2017 itu mencapai 1,5 miliar pengguna aktif di 180 negara (Data Statista).

Sementara di Indonesia khususnya, berdasarkan data Digital Report 2019 dari We Are Social dan Hootsuite, disebutkan bahwa ada 83% pengguna internet yang memakai Aplikasi WhatsApp. Yaa.. Kira-kira sekitar 143juta-an pengguna.

Angka yang cukup fantastis…

Nah, berangkat dari data tersebut dan pastinya akan terus bertambah, maka banyak pebisnis online yang berusaha memaksimalkan Aplikasi ini sebagai salah satu mesin penghasil Uang di Internet.

Sayangnya, Aplikasi WhatsApp Messenger yang biasa kita gunakan, hanya diperuntukkan sebagai penggunaan pribadi, bukan untuk Bisnis.

Olehnya itu, guna membantu para pebisnis, WhatsApp kemudian membuat aplikasi yang khusus diperuntukkan untuk bisnis, yaitu WhatsApp Business.

Tentunya kamu yang sedang menemukan artikel ini pun sedang berniat memakainya kan? Hehe..

Apa Itu WhatsApp Bisnis?

Cara Membuat WhatsApp Bisnis

WhatsApp Bisnis adalah aplikasi yang didesain khusus oleh pengembangnya untuk membantu para pemilik usaha kecil.

Dengan Aplikasi ini, kamu bisa membuat katalog untuk menampilkan produk dan jasa kamu di, memiliki fitur-fitur yang tidak akan kamu temukan pada WA biasa, yaitu seperti:

  • Profil Bisnis, kamu bisa membuat profil bisnis dengan menyajikan informasi tentang Bisnis kamu, seperti alamat toko, alamat email, dan website bisnis kamu jika ada.
  • Balas Cepat, Fitur ini memungkinkan kamu untuk menyimpan dan menggunakan kembali pesan yang sering Kamu kirim ke calon pembeli atau pelanggan kamu sehingga kamu bisa lebih mudah menjawab pertanyaan-pertanyaan umum dengan cepat.
  • Label, fitur ini memudahkan kamu dalam mengelola Daftar kontak atau chat kamu, juga bisa digunakan untuk mengelompokkan pelanggan kamu.
  • Pesan Otomatis, Agar pelanggan kamu tahu kapan mereka akan menerima balasan, kamu bisa gunakan fitur Pesan Otomatis ini, seperti saat di luar jam kerja. Bisa juga untuk pesan Selamat Datang saat pelanggan pertama kali mengirimkan Pesan kepada kamu.

Asik kan?

Bahkan, di halaman resminya WhatsApp menyebutkan bahwa mereka juga sedang mengembangkan aplikasi ini untuk perusahaan-perusahaan skala besar, seperti maskapai penerbangan, e-commerce, dan Perbankan.

Cara Membuat WhatsApp Bisnis

Panduan Cara Membuat WhatsApp Bisnis

Agar penggunaan aplikasi ini dapat betul-betul memudahkan pekerjaan kamu, maka cobalah ikuti panduan saya berikut ini.

1. Download dan Install Aplikasi WhatsApp Business

Tentunya agar kamu bisa menggunakan Aplikasi ini, kamu harus mendownloadnya terlebih dahulu. Bisa di PlayStore (Android) atau AppStore (IoS)

Saya rasa urusan Install dan Download aplikasi di HP tidak perlu saya jelaskan, karena saya percaya kamu sudah biasa dan sering melakukannya.

Tapi, sebelum kamu mendownloadnya, kamu harus pahami dulu bahwa:

  • Kalau kamu sudah punya akun WA Messenger, kamu bisa langsung memindahkan akun kamu tersebut, termasuk riwayat chat dan medianya, ke akun WA Bisnis kamu.
  • Kamu bisa gunakan WA Business dan WA Messenger di HP kamu secara bersamaan, yang penting nomornya berbeda.

Oke, sampai di sini saya anggap kamu sudah mendownload dan menginstallnya di HP kamu.

2. Verifikasi Nomor WA Business

Langkah selanjutnya setelah kamu menginstall aplikasinya, yaitu melakukan verifikasi nomor HP atau Telepon untuk WhatsApp Business kamu.

Biasanya proses ini akan secara otomatis tampil saat kamu mengakses pertama kali setelah kamu Install aplikasinya.

Caranya:

  • Pastikan Nomor yang kamu gunakan Aktif (bisa menerima SMS dan telpon)
  • Pilih negara (kode negara akan terisi secara otomatis)
  • Masukkan nomor HP kamu di kotak sebelah kanan. Tidak perlu masukkan angka nol (0) ya.
  • Klik “Lanjutkan” untuk menerima kode verifikasi. Kamu juga bisa klik “Panggil Saya” untuk menerima kode Verifikasinya melalui telepon.
  • Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan, biasanya 6 digit angka.

Jika langkah-langkah di atas kamu lakukan dengan benar, maka proses verifikasi akan berhasil.

3. Pilih Nama Bisnis

Kamu tinggal tentukan mau menggunakan nama Bisnis apa di Akun Bisnis kamu. Ya, tentunya sesuaikan dengan nama Toko Online kamu dong..

Oh ya, sebagai catatan tambahan, pastikan dalam menulis nama Bisnis kamu tidak menggunakan Huruf Kapital semua, tidak mengandung Emoji, tanpa simbol, dan karakter-karakter aneh yang lainnya.

4. Lengkapi Profil Bisnis

Profil bisnis dapat membantu pelanggan kamu mendapatkan informasi penting tentang bisnis atau produk kamu.

Seperti nama bisnis, alamat, kategori, dan deskripsi.

Kamu juga bisa menyertakan katalog produk dan jasa, email bisnis, dan Link ke Website atau akun media sosial bisnis kamu.

Untuk mengedit profil bisnis kamu, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi WhatsApp Business
  • Pilih Menu Opsi lainnya
  • Pilih Fitur bisnis
  • Klik Profil bisnis.
  • Klik Edit
  • Klik bagian yang ingin kamu isi atau rubah
  • Lalu Simpan

Selengkapnya kamu bisa ikuti panduannya dalam video berikut:

Sampai di sini, kamu telah berhasil membuat WhatsApp Bisnis sebagaimana mestinya.

Tips Agar Akun WhatsApp Bisnis Aman

Tips Agar Akun WhatsApp Bisnis Aman

Agar kamu bisa tetap tenang, nyaman, dan aman menjalankan bisnis kamu lewat Aplikasi ini, penting sekali bagi kamu untuk menjaga tingkat keamanan akun kamu.

Berikut ini saran dari saya agar Akun WhatsApp bisnis kamu terhindar dari masalah pengambil alihan Akun.

  • Pastikan kamu mengaktifkan verifikasi 2 langkah. Caranya, buka Aplikasi > Pilih Setelan/Pengaturan > Pilih Akun > Pilih Verifikasi dua langkah > dan Aktifkan.
  • Jangan sekali-kali memberitahu siapapun kode verifikasi yang berupa 6 digit SMS WhatsApp yang kamu terima. Ingat ya, siapapun tidak boleh tahu, termasuk suami/istri kamu haha.
  • Gunakan PIN untuk lebih mengamankan telepon kamu

Penting: Jika kamu tiba-tiba mendapatkan email untuk menonaktifkan verifikasi 2 langkah, dan kamu yakin tidak pernah memintanya, maka jangan pernah mengklik Link tersebut, kalau perlu emailnya langsung saja dihapus.

Baca Juga:

Oke, mungkin itulah tips dan cara membuat WhatsApp Bisnis dari kami. Semoga bermanfaat untuk kamu dan bisnis kamu semakin Sukses. Aamiin

Disaya Aja

Carolina Puteri Carolina is a Pisces girl. She dreams of living in the world of Harvest Moon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *