Carolina Puteri Carolina is a Pisces girl. She dreams of living in the world of Harvest Moon.

Cara Mengatasi URL Diblokir Facebook dan Verifikasi Domain

4 min read

cara mengatasi url yang diblokir facebook

Kali ini saya mau share tentang bagaimana cara mengatasi url yang diblokir facebook sekaligus melakukan verifikasi domain kita di FB agar mencegah domain kita diblok kembali.

Saya menuliskan panduan sederhana ini karena sebelumnya salah satu klien Disaya sedikit gelisah karena domain yang baru ia beli, serta website yang baru dilaunchingnya justru diblok oleh Facebook.

Siapa yang tidak panik, gelisah, jengkel bahkan mungkin marah jika domain atau website yang baru saja kita launching tidak bisa dishare kontennya atau posting tautan di Facebook.

Ditambah lagi, karena pihak FB sendiri tidak memberikan keterangan detail mengenai penyebab sebuah URL diblok.

Ya, Walaupun sebenarnya sudah disebutkan dalam Standar Komunitas sih, namun kasus tertentu seperti yang dialami klien saya, rasanya tidaklah ada hal yang dilanggar, apalagi domainnya masih tergolong sangat Fresh from the oven, alias masih baru gaesss.

Lalu apa yang saya lakukan?
Teruslah membaca…

Cara Mengetahui Domain Diblokir Facebook

Sebelum saya share bagaimana cara saya Mengatasi URL yang Diblokir Facebook, pertama kita perlu ketahui tanda-tanda sebuah Domain diblok oleh FB. Untuk mengetahuinya sangatlah gampang, caranya yaitu:

1. Tidak Bisa Posting Tautan di FB

Ketika sebuah URL/Domain dishare ke Facebook, kemudian ia tidak bisa di publish, tidak bisa diposting baik di Halaman Facebook atau Akun Personal, maka dapat dipastikan domain/URL tersebut telah diblokir oleh Facebook. Biasanya akan muncul tampilan seperti ini:

gambar 1 cara mengatasi url yang diblokir facebook

2. Gunakan Tools Sharing Debugger dari Facebook

Untuk mengetahui sebuah domain/URL telah diblokir facebook, kamu juga bisa menggunakan tools debugger dari facebook sendiri di alamat ini https://developers.facebook.com/tools/debug/. Untuk menggunakannya, pastikan kamu login dulu ke akun facebook kamu.

Masukkan Domain atau URL kamu, lalu klik “Debug

Jika domain kamu diblok, akan muncul seperti ini:

gambar 2 cara mengetahui url diblokir facebook

Penyebab URL Diblokir Facebook

Di antara penyebab sebuah domain/URL diblokir oleh facebook yang mengakibatkan tidak bisa diposting atau tidak bisa share tautan website kamu ke FB, kemungkinannya disebabkan oleh:

  • Ada yang melaporkan Domain/URL kamu sebagai SPAM
  • Situs atau Halaman yang kamu share mengandung malware dan pishing
  • Kamu menggunakan 1 akun Facebook share tautan dengan masif atau terlalu sering

Tapi, jika kasusnya seperti yang dialami klien saya, dimana ia menggunakan Fresh Domain, artikel baru puluhan, dan saat dishare pertama kali ke Facebook langsung terblok, maka di sinilah saya merasa syedih. Apalagi karena website tersebut saya yang buatkan, dan statusnya belum serah terima penuh ke klien. Ckckck…

Oke, jadi inilah yang akhirnya saya lakukan…

Cara Mengatasi URL Diblokir Facebook

Ada beberapa langkah yang saya lakukan. Dan cara ini cukup mudah dilakukan oleh siapa saja. Pertama, melakukan banding. Kedua, menghubungi support center Facebook.

1. Mengajukan Banding

Langkah pertama yang saya lakukan adalah dengan mengajukan banding kepada pihak facebook. Cara ini boleh dikata sebagai bentuk protes kita ke Facebooklah soal pemblokiran.

Caranya, yaitu pada saat muncul kotak informasi blokir seperti gambar di bawah, maka kita bisa langsung klik “beri tahu kami“.

gambar 3 cara mengatasi url yang diblokir facebook

Nanti akan diarahkan ke halaman seperti ini:

gambar 4 cara melakukan banding blokir facebook

Sampaikan saja keluhan dengan baik, jelaskan bahwa kamu tidak merasa melanggar apa-apa. Dan sangat membutuhkan informasi detail mengapa domain/URL kamu diblokir.

Jika sudah, silahkan kirim dan tunggu jawabannya selama 2×24 jam.

Sayangnya, langkah banding yang saya lakukan nampaknya tidak direspon alias tidak mendapat jawaban. Inilah yang bikin saya makin jengkel, karena harapannya bisa mendapat jawaban jelas, malah tidak direspon sama sekali. Saya coba ulangi untuk kedua kalinya pun, tetap tidak mendapat respon. Nyesek gak?

Maka, akhirnya saya melakukan upaya berikutnya…

2. Menghubungi Support Center

Cara mengatasi URL yang diblokir Facebook berikutnya adalah dengan menghubungi Suppor Center Facebook. Di sini saya memanfaatkan bantuan live chat dari Facebook. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

gambar 5 cara mengatasi url yang diblokir facebook
  • Pilih Chat.
  • Isi form yang tersedia, jika ada isian untuk ID akun Iklan, masukkan ID Akun iklan yang sudah kamu buat

Silahkan sampaikan keluhan dengan sopan dan santun melalui Inbox. Di sini kamu akan banyak berbicara dengan bagian support Facebook. Berikut saya sertakan bagian akhir percakapan saya dengan pihak Support FB.

gambar 7 cara mengatasi url yang diblokir facebook
  • Silahkan tunggu hasilnya dengan memperbanyak Doa.

Alhamdulillah, saya sendiri setelah chit chat sama bagian Support, selanjutnya saya menerima email pemberitahuan bahwa Pemblokiran URL Website klien saya sudah dicabut. Bisa saja apa yang saya terima, berbeda hasilnya dengan kamu. Lihat gambar berikut:

gambar 8 cara mengatasi url yang diblokir facebook

Klien saya pun sumringah… hehe

gambar 9 klien yang diblokir facebook

Mencegah Domain/URL Tidak Diblokir Facebook

Seharusnya bagian ini sebagai bagian paling pertama yang sebaiknya kamu lakukan sebelum pertama kali membagikan Tautan Website kamu ke Facebook.

Pada bagian ini, kamu harus melakukan verifikasi domain kamu terlebih dahulu di Facebook. Tujuannya agar domain/URL Website kamu tidak diblokir.

Apalagi saat ini, Facebook lagi garang-garangnya memfilter konten termasuk tautan dari website lain yang dishare ke halaman facebook. Maka, salah satu caranya agar website kamu bisa sedikit aman, yaitu dengan memverifikasi domain kamu di Facebook.

Kelebihan yang dapat diperoleh jika domain sudah terverifikasi adalah website kamu akan terlihat lebih profesional dan menarik saat di share ke facebook.

Salah satu yang saya suka adalah ketika orang membuka informasi tambahan mengenai website dan halaman facebook kita, facebook akan menyuguhkan Artikel kita yang lain. Tentunya, hal ini mampu menambah trafik ke website kita. Lihat gambar berikut:

gambar 10 verifikasi domain di facebook

Cara Verifikasi Domain Website di Facebook

Sebelum melakukan verifikasi domain, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu sudah memenuhi syarat berikut:

  • Sudah punya halaman Facebook / Fanpage
  • Sudah punya akun Bisnis Facebook atau Facebook Business Manager

Jika keduanya sudah siap, selanjutnya sudah bisa melakukan verifikasi domain. Untuk verifikasi domain di Facebook, sebaiknya kamu lakukan sesuai urutannya, yaitu:

1. Menambahkan domain ke halaman facebook yang sudah kamu buat.

Untuk menambahkan domain website di Halaman Facebook yang sudah kamu buat, caranya sangat gampang. Cukup akses halaman kamu, lalu ke menu “Setting” atau “pengaturan” > Info Halaman. (Lihat Gambar di bawah)

gambar 11 verifikasi domain di facebook

Pada kolom Website, masukkan alamat domain website kamu lalu klik Save. Jika sudah, kita dapat langsung ke langkah selanjutnya yaitu verifikasi domain di Business Manager.

2. Verifikasi domain ke Akun FB Manager

Pada bagian ini bisa dikata cukup gampang juga. Sebagaimana syarat yang harus dipenuhi pada tahap sebelumnya, pada tahap ini kamu juga harus pastikan sudah terpenuhi, yaitu Akun Business Manager dan Halaman FB (fanspage). Saya rasa, saya tidak perlu tunjukkan bagaimana cara membuat Halaman di sini. Saya percaya kamu sudah bisa atau bahkan sudah punya.

Jika benar sudah ada, maka kita langsung saja ke tahap Verifikasi…

a. Buka akun Business Manager kamu, lalu ke Pengaturan bisnis, lalu di sebelah kiri pilih menu “Keamanan Merk” > pilih Domain dan klik “Tambahkan

gambar 12 verifikasi domain di facebook

b. Selanjutnya masukkan nama domain kamu, lalu klik “Tambahkan Domain”

gambar 13 verifikasi domain di facebook

c. Tahap berikutnya tinggal verifikasi domain. Untuk memverifikasinya kamu bisa memilih salah satunya, apakah melalui dns, file upload, atau menggunakan tag html. Di sini saya pakai Upload file HTML saja.

gambar 14 verifikasi domain di facebook

Ikuti saja langkah-langkah yang disarankan pada bagian metode verifikasi yang kamu pilih. Jika sudah klik Verifikasi. Jika caranya betul, maka proses verifikasinya akan sukses.

d. Arahakan domain kamu ke halaman facebook.

Jika sudah terverifikasi, sekarang saatnya hubungkan domain tersebut dengan halaman facebook yang sudah kamu buat. Caranya, klik pada domain yang sudah terverifikasi di menu domain, lalu pilih “Tambahkan Aset“. (lihat Gambar)

gambar 15 verifikasi domain di facebook

e. Akan ada popup yang muncul. Silahkan pilih halaman yang ingin dikaitkan dengan domain tersebut dan pilih “Tambahkan“.

gambar 16 verifikasi domain di facebook

Baca Juga:

Penutup

Sampai di sini, domain website kamu sudah aman. Domain sudah terverifikasi dan sudah dihubungkan dengan halaman Facebooknya. Harusnya tidak ada lagi ancaman domain kamu bisa diblokir, kecuali memang pihak FB menemukan pelanggaran kebijakan konten dari website kamu atau ada perubahan pada standar komunitas Facebook. Jika demikian, itu sudah diluar kuasa kita.

Solusi paling menyedihkan adalah ganti domain hehehe..

Semoga Bermanfaat

UPDATE: panduan di atas mungkin saja sudah tidak dapat diterapkan lagi saat ini. Jadi mohon maaf jika kamu mencoba mengikuti langkah di atas namun tidak sesuai lagi dengan kebijakan Facebook saat ini.

Disaya Aja

Carolina Puteri Carolina is a Pisces girl. She dreams of living in the world of Harvest Moon.

8 Replies to “Cara Mengatasi URL Diblokir Facebook dan Verifikasi Domain”

  1. mas… bisa bantu saya untuk buka blokir blog saya gak.. kalau bisa mohon blas kmentar ini atau hubungi saya di “elkana.goroleba@gmail.com”.

  2. Mas saya sudah mencoba cara 2. menghubungi support center. Tetapi upaya saya gagal dan aku bussines saya dinonaktifkan oleh Facebook. Apakah mas dapat membantu saya untuk membuka blokir website saya?

  3. Sama nih senasib url saya juga di blokir, setiap mengunjungi dukungan bisnis, tombol chat maupun emaill tidak ada. Coba para master bantuannya donk

  4. Mas, website saya juga urlnya tidak bisa di posting di fb, saya udah lakukan seperti panduan mas, tetapi masih belum bisa. Dan sudah 2 bulan ini kena blokir

    1. Saya belum dapati cara lain selain di atas mas. Mungkin bisa dicoba hubungi pihak Facebook lewat jalur lain.

  5. Mas link web saya telah di block oleh FB, seperti blog yang mas ceritakan.
    Bagaimana saya bisa hub mas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *