Om Baldan Founder DISAYA Group | Pejuang Keluarga yang terus belajar banyak hal dan berharap keberkahan Ilmu dari para Guru Kehidupan.

Jasa Pembuatan Website Portal Berita Online yang Bagus dengan Layanan Berkualitas

9 min read

Jasa Pembuatan Website Portal Berita Online yang Bagus

Sudah lama masyarakat mengenal website sebagai media informasi. Semakin lama, keberadaan website menjadi sangat penting. Terlebih lagi kemajuan teknologi digital membuat istilah ini melaju pesat. Sekarang ini, apa saja bisa ditemukan dalam alamat situs. Termasuk informasi tentang berita politik, ekonomi, sosial, dan budaya.

Hanya saja, tuntutan konten yang segar tidak terkejar oleh pengelola situs. Sehingga memerlukan jasa pembuatan website portal berita. Dengan memanfaatkan layanan ini, pemilik website akan terbantu.

Keunggulan Membuat Website Portal Berita Melalui Jasa

Keunggulan Membuat Website Portal Berita Melalui Jasa

Bagi pembaca saat ini, berita bisa didapatkan dengan mudah. Perkembangan teknologi membuat sajian berita lebih segar. Dahulu orang masih menggunakan media cetak. Sedangkan kini telah beralih pada penyajian secara online, meski beredar pula versi cetaknya.

Keputusan membuat situs portal berita bukan hanya karena tuntutan zaman. Tapi juga mempertimbangkan kebutuhan pembaca. Website khusus ini langsung mengarahkan untuk melihat, membaca dan berinteraksi.

Oleh karena itu, penting bagi penyedia berita untuk membuat situs tersendiri. Selain itu, ada keunggulan lain dirasakan saat memiliki alamat web.

1. Memberikan Informasi Secara Update

Sebagai media berita, informasi yang disajikan harus update. Karena kabar yang beredar dapat berubah dengan cepat. Wacana berita lebih menarik untuk disimak pembaca.

Sehingga saat muncul kabar baru, banyak yang menantikan lanjutan kasus atau beritanya. Terlebih lagi di zaman online sekarang konten yang viral menjadi sasaran pembaca.

2. Sarana yang Efektif dan Efisien

Bayangkan saja, berita update dan akurat diterima pembaca setiap hari. Semua berita bahkan bisa diakses dalam genggaman saja. Ini bisa terjadi jika menerapkan portal berita secara online. Penggunaan website berfungsi sebagai media penulisan. Dengan akses internet maka pembaca dapat membaca di mana saja dan kapan saja.

Bagi pemilik portal pun lebih mudah mengelola situsnya. Proses menulis hingga upload dilakukan dengan singkat.

Sehingga tidak banyak waktu tunggu, seperti menggunakan koran atau majalah. Sangat memungkinkan pembaca menerima berita baru lebih cepat. Topik yang ditulis pada satu hari pun sangat beragam.

Sedangkan media cetak memerlukan proses yang cukup panjang hingga berita sampai ditangan pembaca. Berita yang tersedia hanya pada waktu itu saja.

Sehingga pembaca tidak punya pilihan lain. Juga perlu perantara lain, seperti distributor atau agen. Dari sini terlihat jelas, banyak tangan yang terlibat.

Beralih melalui media online juga dapat menghemat biaya. Tidak membutuhkan anggaran besar untuk membuat sebuah website. Sekalipun menyerahkan pada jasa pembuatan website portal berita.

Biaya yang dikeluarkan tetap lebih murah dibandingkan dengan membuat media cetak. Inilah mengapa situs online menjadi media yang efektif dan efisien untuk menyampaikan berita.

3. Kualitas yang Sangat Baik dan Profesional

Keberadaan website dapat menjangkau sasaran yang lebih luas. Kondisi ini perlu dimanfaatkan sebaik mungin oleh portal berita. Sehingga dapat diakses oleh pembaca di berbagai wilayah. Sekaligus memberikan kesan sebagai penyedia berita profesional dan berkualitas.

Kualitas dari situs berita online sendiri ditentukan oleh berbagai aspek. Masing-masing aspek tersebut saling terikat. Sehingga membentuk kesan menarik dengan rangkaian tulisan.

Situs yang berkualitas sudah pasti disukai oleh pembaca. Nilai dari kualitas situs online dapat dilihat dari poin berikut ini.

4. Terdapat Pilihan Topik

Portal berita bukan hanya tentang memberi informasi pada masalah tertentu. Meski dibuat khusus, belakangan ini topik yang dibahas cukup bervariasi.

Tidak hanya ulasan tentang politik dan perekonomian. Dalam satu portal bisa berisi topik lain, seperti kesehatan, keuangan, gosip artis, gaya hidup dan olahraga.

Dengan beragam topik, pembaca dapat memilih yang disukai. Penataan berita dikelompokkan berdasarkan tema. Ada kalanya setiap tema akan muncul di halaman depan. Tapi, itu hanya sebagian kecil. Biasanya merupakan informasi terbaru.

5. Pencarian Berita yang Mudah

Mengunjungi situs berita, terkadang hanya ingin membaca topik tertentu. Selain itu ada juga yang ingin membaca topik lain yang lebih luas.

Website yang dilengkapi dengan pencarian dapat menemukan bacaan lebih mudah dan cepat. Tentunya, ini dapat menarik pengunjung lebih banyak karena bagi portal berita, pembaca adalah pelanggan.

6. Mudah Diakses

Media online memang terkenal mudah diakses. Jaringan internet yang kuat membuat pintu masuk ke dalam situs lebih cepat.

Untuk mendatangkan pembaca yang banyak, website juga harus memenuhi persyaratan ini. Tapi, menjelajahi kanal berita tidak bergantung pada jaringan internet saja.

Mudah yang dimaksud adalah dari pengelolaan situs itu sendiri. Pengaturan yang baik akan menampilkan informasi yang selalu baru. Ini berlaku pada setiap topik yang ada. Pembaca tidak kesulitan mencari kabar yang ingin dibaca. Bahkan kapanpun dan di manapun, pembaca dapat menemukan topik yang mereka cari.

7. Tampilan yang Menarik

Kualitas sebuah situs portal berita bukan hanya dari berita. Semakin berkembang, maka pihak pengelola akan meningkatkan performa website. Tampilan yang menarik merupakan salah satu cirinya. Penyajian berita dengan visual memikat justru lebih enak dibaca.

Menarik di sini bukan berarti harus terlihat semarak. Karena terlalu banyak warna dan sentuhan design situs terlihat berantakan. Selain itu, tulisan bisa saja sulit terbaca. Bukannya setia, pembaca akan beralih pada portal yang lebih nyaman.

Untuk mendapatkan visual terbaik, memerlukan komposisi yang tepat. Ini bisa didiskusikan dengan jasa pembuatan website portal berita.

Tampilan website tetap bisa menarik dengan desain yang sederhana. Berita yang tertulis dapat terbaca dengan jelas. Sehingga nyaman dibaca dan tidak merusak mata.

Baca Juga: 7 Kriteria Website yang Baik dan Berkualitas Bagus

8. Berisi Informasi Lengkap

Meski terbilang artikel singkat, sebuah berita seharusnya disajikan secara akurat. Tidak boleh asal dalam menyajikan data. Karena akan dibaca oleh banyak orang. Sehingga penulis atau jurnalis perlu mengambil referensi dari sumber terpercaya.

Kesalahan data yang diposting pada portal berita bisa berdampak buruk. Jika ada pihak yang tidak terima, maka bisa mengajukan tuntutan hukum.

Tulisan yang disebarkan harus singkat, padat dan jelas. Sebisa mungkin menghadirkan info yang lengkap. Sehingga tidak timbul pertanyaan atau dugaan lain.

9. Konten Berbobot

Dalam sebuah website berita, konten adalah nyawa. Berarti konten dalam situs tidak bisa dilepas. Karena kanal berita tak bisa terkenal tanpa konten menarik.

Isi artikel yang berkualitas, memuat informasi yang berbobot. Sehingga memberi manfaat bagi pembaca. Konten yang bagus menempatkan website sebagai portal yang profesional.

Baca Juga: 9 Cara Membuat Konten Website yang Baik dan Berkualitas

10. Tulisannya Aman dari Banner Iklan

Media online bukan lagi sebagai tempat menulis informasi semata. Portal berita bisa mendapatkan uang dari iklan produk. Bahkan pendapatan terbesar bisa diperoleh dari iklan.

Promosi produk ini biasa dipasang pada halaman artikel berita. Sehingga orang yang mengakses situs web berita dapat melihat dengan jelas.

Hanya saja, pemasangan banner promosi yang kurang tepat dapat mengganggu artikel. Paling menyebalkan adalah ketika membuka halaman berita, banner iklan muncul di tengah layar. Sehingga isi berita tidak terlihat.

Terlalu banyak iklan yang dipasang juga kurang bagus. Melihat dari sisi visual, iklan yang berlebihan menghilangkan esensi desain. Fokus pembaca menjadi berkurang. Karena terdistraksi oleh gambar iklan yang penuh warna. Sehingga inti berita tidak dimengerti dengan baik.

11. Kunjungan atau Traffic Meningkat

Portal berita yang mendapat banyak kunjungan, berarti telah dikenal. Tentu saja ini mendatangkan keuntungan bagi pengelola. Ini tidak terjadi begitu saja.

Untuk menjadikan portal berita profesional, tidak terjadi dalam waktu singkat. Semua melewati proses masing-masing. Dibalik traffic meningkat, ada perbaikan yang terus dilakukan.

Di samping itu, website dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Sehingga dapat meraih target yang jauh sekalipun. Semakin banyak total traffic, maka kondisi situs juga semakin baik. Mengingat tujuan dari portal berita online adalah mendapatkan jumlah pembaca yang sebanding dengan konversi rate besar.

12. Strategi Bisnis Era Digital

Dahulu sering mendapati orang duduk-duduk di pagi hari sambil membaca koran atau majalah. Ada juga keluarga yang rela mengeluarkan biaya untuk berlangganan media cetak. Hal tersebut dilakukan demi berbagai tujuan. Dengan tujuan utama, yaitu memperoleh informasi baru.

Di era digital ini, kedudukan koran diganti dengan website berita. Karena jangkauannya lebih luas dan akses yang fleksibel. Sehingga dijadikan kesempatan oleh perusahaan untuk mengembangkan bisnis. Terbukti sudah pada beberapa situs online kini memasang banyak iklan.

13. Memudahkan Komunikasi dengan Pembaca

Beruntung dengan adanya internet, informasi apapun dapat ditemukan. Teknologi ini sangat diandalkan di zaman ini. Internet mendukung segala kegiatan. Informasi terkait berita keseharian dapat diakses dengan mudah. Bahkan kabar yang disajikan selalu segar dan up to date.

Kabar yang bisa berubah setiap menit ini memudahkan pembaca berkomunikasi dengan dunia luar. Melalui kabar berita media online bisa menjadi sarana komunikasi.

Pembaca dapat mengutarakan pendapat atau memberi komentar. Seolah-olah terjadi interaksi antara kedua belah pihak.

Contoh-contoh Website Portal Berita yang Profesional

Membaca berita memberikan informasi terbaru setiap hari. Melalui kabar, orang dapat menambah wawasan baru.

Website yang dikemas cantik dapat melatih kepekaan terhadap masalah yang terjadi. Tidak perlu menunggu lama, situs terpercaya mendatangkan kabar baru.

Berikut ini beberapa contoh situs berita yang terkenal.

Kompas.com

Contoh 1 Website Portal Berita

Siapa yang tidak mengenal media ternama Kompas. Dulu, kompas menjadi surat kabar yang legendaris. Sajian tulisannya patut diacungi jempol.

Dengan jumlah halaman yang cukup tebal, orang akan mendapatkan informasi lengkap. Isinya berupa berita politik, ekonomi, sosial, dan budaya.

Dari ranah digital, Kompas.com sendiri telah ada sejak 14 September 1995. Nama awalnya adalah Kompas Online. Media berita online ini mengalami perbaikan sejak di bawah naungan PT Kompas Cyber Media (KCM).

Informasi segar selalu diberikan kepada pembaca setianya. Topik yang diberikan juga semakin bertambah. Hingga meraih penghargaan dari Superbrands sebagai berita online terpercaya.

Liputan6.com

Contoh 2 Website Portal Berita

Hadirnya portal online Liputan6.com tidak langsung ada. Sebelumnya, warta berita ini merupakan bagian dari siaran di salah satu televisi swasta. Penggemar setia pasti hafal dengan slogan “Akurat, Tajam, dan Terpercaya”. Motto selalu disisipkan dalam setiap pembukaan atau penutupan siaran.

Setidaknya, slogan tersebut masih digunakan hingga kini.

Berkembang mengikuti zaman, liputan6.com dibuat untuk penyuka berita online. Bahkan media ini sudah terverifikasi pada Dewan Pers Indonesia. Setiap topik telah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

Kapanlagi.com

Contoh 3 Website Portal Berita

Pada dasarnya, berita merupakan informasi atau cerita tentang suatu kejadian. Sehingga cakupannya sangat luas. Tidak terbatas pada topik tertentu.

Hanya saja, situs memungkinkan untuk mengembangkan berita khusus. Ini yang sedang dikerjakan oleh kapanlagi.com.

Situs ini menjadi penyedia informasi tentang dunia hiburan. Termasuk di dalamya membahas gosip selebriti tanah air hingga manca negara.

Karena fokus pada bidang entertainment, maka pembacca juga akan menemukan artikel tentang musik. Bahkan terdapat topik yang berisi kumpulan lirik lagu dari penyanyi ternama di dunia.

Tribunnews.com

Contoh 4 Website Portal Berita

Informasi kabar terbaik disampaikan oleh website Tribunnews.com. Pengelola situs ini adalah PT Tribun Digital Online. Perusahaan tersebut merupakan bagian dari divisi Koran Daerah Kompas Gramedia.

Maka, tak heran jika terselip berita dari berbagai daerah di Indonesia. Ini yang membuat media ini memiliki subdomain nama wilayah.

Kabar terbaru yang disampaikan tak hanya berita politik dan ekonomi. Ada berita tentang olahraga, bisnis, selebriti, regional dan internasional. Website ini mendapatkan predikat sebagai portal berita online terbaik pada tahun 2016.

Hal yang menjadi perhatian, media ini selalu menduduki peringkat tinggi di Google. Karena informasi yang disajikan selalu baru. Terlebih lagi memiliki dukungan dari berbagai penulis yang tersebar di seluruh daerah Indonesia.

Detik.com

Contoh 5 Website Portal Berita

Portal berita ini telah bersatu dengan PT Trans Corporation. Penggabungan media besar ini terjadi pada tanggal 3 Agustus 2011 silam.

Detik.com menyajikan kabar yang berkualitas. Judul selalu dibuat dengan kalimat yang bisa membuat penasaran pembaca. Isi artikelnya sangat detail. Selain berupa tulisan, media ini juga menyediakan berita berupa video.

Wowkeren.com

Contoh 6 Website Portal Berita

Jika ingin membaca kabar terbaru seputar artis Indonesia maupun manca negara, dapat mengunjungi situs ini.

Wowkeren.com khusus dirancang untuk menghadirkan berita di dunia hiburan. Sebuah portal yang cocok bagi anak muda. Sajian beritanya selalu update dan terpercaya. Informasi disampaikan secara menarik dan seakurat mungkin.

Viva.co.id

Contoh 7 Website Portal Berita

Media kabar online ini dirilis pada tahun 2008. Dibawah naungan PT Visi Media Asia Tbk, situs ini awalnya dinamai vivanews.com. Ketenarannya cukup merajai dunia digital saat itu.

Bahkan anak muda sangat mengenal website ini. Karena tampilan situsnya cukup menarik dan bersahabat, tidak monoton seperti portal lain.

Seiring dengan perkembangan teknologi, situs ini berubah nama manjadi viva.co.id. Sajian berita berupa politik hingga gaya hidup.

Prinsip yang dianut oleh media ini adalah kecepatan dan kedalaman. Sehingga pembaca selalu mendapatkan kabar baru selama 24 jam. Penerapan standar jurnalisme sangat dijunjung.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Jasa Pembuatan Website Portal Berita

Harga Jasa Pembuatan Website Portal Berita

Menggunakan jasa pembuatan website portal berita menjadi solusi yang perlu dipertimbangkan. Terlebih jika ingin langsung mengelola website secara profesional. Harga yang ditawarkan pun beragam.

Dengan rentang harga yang masuk akal, pelanggan menerima hasil yang luar biasa. Penentuan besaran harga ini dipengaruhi oleh beragam faktor, di antaranya:

Paket yang Dipilih

Untuk memudahkan, penyedia jasa pembuatan web menerapkan sistem paket. Ini berarti dalam satu paket berisi beberapa layanan. Sistem paket ini biaya yang dikeluarkan lebih hemat, dibandingkan memesan secara satuan.

Setiap paket juga memiliki nama tersendiri. Semakin mahal, maka semakin banyak sentuhan pada proses pembuatan situs berita.

Nama Domain

Domain berfungsi seperti alamat rumah. Sehingga pembaca dapat menuju ke situs yang benar. Memilih nama yang unik memang sangat menarik. Terlebih lagi, orang akan selalu mengingat nama tersebut. Memudahkan mengingat nama website berita favorit.

Hanya saja, hal ini juga dapat mempengaruhi besarnya harga. Nama yang belum ada yang memiliki, biasanya lebih murah. Sedangkan harga yang lebih mahal ditetapkan jika domain mirip atau sudah digunakan oleh web lain.

Baca Juga: Mengapa Domain Penting untuk Bisnis Kamu? Ini Alasannya!

Hosting

Dengan hosting, maka website portal berita akan terisi. Layanan ini mirip seperti majalah dan artikel. Fungsinya untuk menyimpan file yang ada di website. Sehingga dapat diakses secara online.

Pembelian hosting sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan situs. Oleh karena itu, harus dimaksimalkan agar tidak membuang biaya.

Baca juga: Macam-macam Hosting, dari Gratis Hingga yang Bayar

Jenis Engine

Pada dasarnya, jenis engine terdiri atas Template dan Customize. Penggunaan engine berupa template biasanya jauh lebih murah. Bahkan bisa membuat sendiri secara cuma-cuma.

Sedangkan jenis customize dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Karena khusus dibuat berdasarkan keinginan pelanggan.

Fitur yang Digunakan

Sebuah website profesional, memiliki fitur beragam. Karena merasa tidak cukup memiliki fitur standar atau biasa. Terlebih lagi jika website telah berkembang, fitur yang ditampilkan lebih lengkap.

Jelas ini dapat mempengaruhi harga pesanan. Semakin banyak fitur yang ditambahkan, akan bertambah pula biaya yang dibutuhkan.

Desain Tampilan Website Portal Berita

Situs yang memiliki traffic tinggi bisa jadi karena memiliki tampilan menarik. Sehingga orang menjadi penasaran untuk terus menjelajah setiap isinya.

Dengan jasa pembuatan website portal berita, ini bisa dikonsultasikan. Tentu semakin rumit desain, maka harganya semakin mahal.

Penulisan Berita pada Website

Teknik penulisan juga mempengaruhi harga pembuatan situs. Belakangan ini, portal berita menyukai artikel dengan penulisan SEO (Search Engine Optimatization).

Sehingga website dapat terbaca pada mesin mencari otomatis, Google. Semakin tinggi peringkat, maka semakin mahal biayanya.

Memilih Penyedia Jasa Pembuatan Website Portal Berita

Memilih Penyedia Jasa Pembuatan Website Portal Berita

Dengan berbagai alasan, pemilik situs membutuhkan bantuan pihak ketiga. Dengan kata lain, jasa pembuatan webite menjadi solusi.

Bukan lain tujuannya agar portal berita tetap berjalan lancar. Informasi dapat diupdate setiap hari.

Untuk itu, perlu memilih layanan jasa yang tepat agar hasilnya pun memuaskan dan sesuai dengan ekspektasi.

Reputasi Layanan yang Baik

Layanan jasa profesional memiliki reputasi yang baik. Terutama dalam bidangnya, jasa ini akan selalu dibicarakan. Bahkan direkomendasikan oleh orang lain. Citranya dapat terlihat dari legalitas usaha.

Pastikan penyedia jasa tersebut memiliki legalitas. Sehingga jelas keberadaannya dan mudah dihubungi.

Bisa juga melihat melalui portofolio. Dalam portofolio, pelanggan dapat melihat seberapa banyak yang sudah dikerjakan. Pelanggan dapat menilai sendiri bagaimana tingkat kepuasan klien.

Menyiapkan Biaya

Persiapan biaya sangat penting jika menggunakan pihak lain. Pelanggan harus mengerti kebutuhan dalam website yang dikelola. Setelah itu, membuat daftar kebutuhan biaya. Dari situ akan didapatkan estimasi dana yang diperlukan.

Bersedia Melakukan Diskusi

Kemudahan komunikasi menjadi hal utama saat menggunakan jasa pembuatan website. Karena untuk mencapai kepuasan pelanggan, perlu adanya satu pemikiran. Sehingga pengerjaan sejalan dengan keinginan pelanggan. Kontrak pun berjalan sesuai dengan harapan.

Dengan berdiskusi, akan menemukan titik terang terhadap masalah yang muncul di tengah jalan. Sehingga dapat diatasi lebih awal. Jika terjadi masalah dikemudian hari pihak vendor bisa dihubungi untuk meminta bantuan.            

Membangun portal berita online tidak semudah membalik telapak tangan. Agar website terus berkembang, jasa pembuatan website portal berita dapat membantu setiap kesulitan. Dengan layanan terbaik, siap memberi polesan yang berbeda.

Salah satu penyedia jasa pembuatan website yang sudah banyak menangani pembuatan website portal berita, khususnya mitra-mitra di Sulawesi Selatan adalah CV. Digital Nusantara Jaya, yang bisa kamu lihat atau hubungi di halaman https://disaya.co.id

Semoga Bermanfaat

Disaya Aja

Om Baldan Founder DISAYA Group | Pejuang Keluarga yang terus belajar banyak hal dan berharap keberkahan Ilmu dari para Guru Kehidupan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *