Muis Fadli CMO Disaya Group. I Love to learn something new everyday.

Software House, Solusi Terbaik Digitalisasi Perusahaan Anda

5 min read

Software House

Kebutuhan perusahaan akan aplikasi teknologi terus mengalami peningkatan. Tak hanya perusahaan besar, bisnis kecil pun saat ini juga menggunakan teknologi modern seperti software atau perangkat lunak. Software house menjadi tempat yang bisa memenuhi kebutuhan terkait software. Ini berupa perusahaan yang bisa mengembangkan software sesuai dengan permintaan klien.

Apa Itu Software House?

Apa Itu Software House

Software house merupakan perusahaan yang memiliki kegiatan usaha dengan spesialisasi membuat dan mendistribusikan produk berupa software.

Perusahaan ini bisa membangun software sesuai yang Anda inginkan. Ada yang fokus untuk mengerjakan software untuk kebutuhan perusahaan, dan ada juga yang memilih untuk menciptakan software sendiri yang bisa dijual di toko.

Tergantung dari jenis produk softwarenya, proses desain produk juga akan berbeda. Ini membutuhkan strategi distribusi, metodologi pengembangan, dan pendekatan profesional yang sesuai.

Jenis Perusahaan Software House

Jenis Software House

Apa saja jenis dari perusahaan software? Berikut rincian dan penjelasannya.

1. Perusahaan Berbasis Produk

Perusahaan software berbasis produk merupakan jenis perusahaan yang mengembangkan produknya sendiri kemudian mengirimkannya pada pengguna akhir.

Pengguna akhir atau end user merupakan pengguna yang bisa berupa pelanggan individu ataupun perusahaan. Produk yang dibuat tentunya akan mempertimbangkan model B2C dan B2B.

Perusahaan jenis ini akan fokus membangun solusi yang out-of-the-box yang bisa mengimplementasikan dan mengkonfigurasikan kebutuhan dan keinginan klien. Solusi yang ditawarkan harus dapat menyelesaikan berbagai masalah bisnis dari target kliennya.

Contoh perusahaan software berbasis produk misalnya Google dan Microsoft. Dua perusahaan ini mengembangkan produk sendiri yang mampu memenuhi kebutuhan spesifik dari pasar. Namun fitur dalam produk tersebut kadang bisa terlalu banyak dan banyak yang tidak diperlukan oleh pelanggan.

2. Perusahaan Berbasis Layanan

Perusahaan software ada yang berbasis layanan. Mereka bekerja dengan menyediakan layanan seperti pengembangan software custom, konsultasi, dan tim pengembangan terdedikasi.

Kelebihan dari perusahaan jenis ini yaitu mereka bisa membangun solusi custom yang sesuai dengan keunikan masing-masing klien. Perusahaan tentunya memiliki keunikan masing-masing terkait dengan proses produksi, operasional, dan kebutuhannya.

Tenaga ahli dalam perusahaan software jenis ini bisa diandalkan untuk bekerja sama dengan klien sehingga menghasilkan produk software yang diinginkan.

Agar bisa berjalan dengan baik, perusahaan software harus memiliki strategi manajemen yang baik. Anda sebagai klien dari pihak perusahaan perlu memilih perusahaan software house yang tepat.

Keuntungan Menggunakan Jasa Software House

Keuntungan Menggunakan Jasa Software House

Berikut beberapa kelebihan memilih perusahaan pengembang software profesional daripada hanya menggunakan jasa freelancer:

1. Berpengalaman

Perusahaan jasa pembuatan aplikasi yang telah berpengalaman telah mengerjakan banyak proyek untuk kebutuhan personal maupun personal.

Perusahaan yang telah berpengalaman tentunya bisa lebih dipercaya dalam menyelesaikan berbagai permintaan klien. Pengalaman juga akan membantu solusi yang lebih cepat.

2. Terpercaya

Perusahaan yang terpercaya bisa diandalkan dari segi profesionalitas. Perusahaan jasa pengembang software profesional biasanya memiliki Tim Legal yang akan mengatur masalah dokumen antara perusahaan jasa dengan para kliennya. Ini terkait dengan masalah perjanjian, kontrak kerja, dan lainnya.

Adanya kontrak yang jelas antara pemberi jasa dan klien tentunya bisa menguntungkan kedua belah pihak. Jasa profesional akan mengerjakan sesuai kontrak yang telah disetujui.

3. Memiliki Tim yang Ahli dalam Berbagai Bidang

Perusahaan jasa pembuatan aplikasi memiliki tim ahli yang menguasai bidangnya masing-masing. Jadi tidak hanya terdiri dari satu orang atau hanya menguasai satu bidang saja.

Beda halnya dengan Freelancer yang biasanya terbatas dalam keahlian yang dimiliki. Menggunakan tim yang profesional akan lebih mudah karena dikerjakan oleh tim dengan keahlian yang dibutuhkan.

4. Stabilitas

Berbeda dengan menggunakan freelancer, jasa pengembang profesional akan menggunakan server atau hosting yang lebih kuat dan stabil. Ini membuat aplikasi atau software yang dibuat menjadi lebih aman untuk digunakan bagi kepentingan bisnis.

4. Dukungan Sistem

Perusahaan jasa pembuatan aplikasi profesional akan menyediakan dukungan atau support system untuk operasi aplikasi yang dikerjakan. Anda bisa berkonsultasi melalui chat, email, telepon, atau bertemu langsung.

Jika bekerja dengan freelancer maka dukungan sistem ini sering tidak dilakukan secara profesional. Tak sedikit yang mungkin akan sulit dihubungi setelah pekerjaan mereka selesai dilakukan.

Software House Makassar

software house di makassar

Kota Makassar merupakan salah satu kota besar yang juga ibu kota provinsi Sulawesi Selatan. Sebagai ibu kota provinsi, tentunya Makassar memiliki potensi ekonomi yang tinggi.

Di sini banyak perusahaan baik besar maupun kecil yang juga membutuhkan software bisnis. Perusahaan developer software bisa membantu untuk menyediakan kebutuhan aplikasi software yang dibutuhkan perusahaan tersebut.

Salah satu Software house di Makassar yang bisa membantu Anda membangun software atau aplikasi yang Anda butuhkan adalah PT. Digital Samudera Karya (DISAYA).

Jenis Software untuk Bisnis

Jenis Software untuk Bisnis

Ada beberapa jenis software yang paling sering dibutuhkan dalam bisnis. Jenis-jenis software untuk bisnis, antara lain:

1. Accounting Software

Akuntansi merupakan bagian yang cukup penting dalam mengelola keuangan sebuah bisnis. Memilih software akuntansi yang tepat cukup penting bagi bisnis. Tapi ada banyak jenis software akuntansi yang menawarkan fitur yang berbeda. Pilihlah yang memang sesuai dengan kebutuhan.

Beberapa jenis software akuntansi misalnya payroll software, tax software, software pembukuan, dan lain-lain.

2. Time Tracking Software

Software jenis ini mengizinkan pengguna untuk mendapatkan manajemen waktu yang efektif melalui dokumentasi dari performa kerja. Software jenis ini bisa mengakumulasi data dan merekam waktu dari tugas atau proyek spesifik dari pekerja atau group pekerja tertentu.

3. Project Management Software

Project management software membantu untuk mengorganisasi proyek yang kompleks. Ini akan membagi proyek menjadi segmen tugas spesifik dalam satu wadah yang bisa diperiksa dengan mudah. Adanya software jenis ini dapat meningkatkan sistem manajemen organisasi.

4. Customer Relationship Management Software

Software CRM bisa memberikan bantuan yang bernilai bagi perusahaan agar bisa lebih mengerti interaksi dengan pelanggan. Ini memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi tren data dengan channel interaksi yang beragam.

Software ini dapat menganalisa interaksi bisnis dengan pelanggannya.

5. Communication Software

Software komunikasi juga dibutuhkan oleh perusahaan. Ini bisa membantu komunikasi yang efektif dan efisien baik internal perusahaan atau dengan pihak luar seperti pelanggan.

Software komunikasi bisa digunakan untuk melakukan rapat atau kolaborasi antar para pekerja. Ini juga bisa digunakan untuk menjangkau pasar global melalui teknologi komunikasi yang modern.

6. Website Building Software

Website saat ini menjadi hal yang perlu dimiliki oleh setiap bisnis. Software membangun website bisa membantu untuk melakukannya dengan lebih mudah.

Software yang tepat bisa memungkinkan untuk membuat website yang profesional dan menarik. Ini bisa dibuat untuk pengguna awam yang tidak memiliki basis IT.

7. Payment Transaction Software

Software house bisa membantu klien Anda membuat software untuk transaksi pembayaran. Pencatatan transaksi pembayaran secara manual tentunya dapat memakan waktu lebih lama dan membutuhkan lebih banyak tenaga.

Adanya software jenis ini bisa menghemat waktu dan tenaga karena pencatatan dapat dilakukan secara otomatis. Klien bisa meminta agar software payment tersebut disesuaikan dengan sistem pembayaran dan operasional dari perusahaan.

Baca juga: 7 Layanan Payment Gateway Pendukung Bisnis Online Kamu

8. Marketing Software

Software jenis ini bisa membantu manajemen untuk tetap terorganisasi dari segi marketing dan penjualan. Software marketing bisa membantu mengoleksi dan dan menganalisis data penjualan dan pemasaran.

Ini merupakan aplikasi yang bisa membantu menentukan dana pemasaran yang bisa terkonversi pada penjualan.

Selain software untuk bisnis seperti itu, perusahaan software juga bisa membangun software untuk bidang lain misalnya pendidikan. Perusahaan bisa membuat software jenis e-learning yang dapat dimanfaatkan oleh lembaga pendidikan untuk pembelajarannya.

Tips Memilih Perusahaan Pengembang Aplikasi

Tips Memilih Perusahaan Pengembang Aplikasi

Di Makassar sendiri ada beberapa pilihan perusahaan pengembang software. Bagi yang ingin bekerja sama dengan pengembang software untuk kebutuhan perusahaan maka perlu mempertimbangkan beberapa hal.

Berikut ini hal yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih software house:

1. Layanan yang Diberikan

Perusahaan software memiliki layanan yang bisa berbeda-beda. Ada yang menyediakan software yang sudah jadi dan ada juga yang memang membuat khusus untuk klien.

Lakukan kerja sama dengan perusahaan yang memberikan layanan yang dibutuhkan oleh bisnis Anda. Apakah itu terkait dengan produknya atau layanan lain yang diberikan.

2. Teknologi yang Digunakan

Teknologi terus mengalami perkembangan sehingga sebaiknya tidak ketinggalan zaman. Teknologi yang digunakan oleh perusahaan profesional tentunya update dan bisa diandalkan. Pertimbangkan jenis pemrograman dan alat yang digunakan apakah sudah terlihat profesional.

3. Tim yang Berpengalaman

Tim manajemen pengembang software memang sebaiknya terdiri dari orang yang telah berpengalaman. Meskipun mungkin perusahaannya baru, tapi orang di baliknya harus ada yang memiliki pengalaman.

Tim yang profesional dan berpengalaman akan lebih cekatan atau tangkas saat mengerjakan proyek. Mereka juga mampu dengan cepat menyelesaikan masalah yang mungkin muncul terkait pengembangan perangkat lunak.

4. Portfolio Aplikasi

Software house biasanya memiliki contoh perangkat lunak yang telah dibuat. Lebih baik jika mereka sebelumnya juga pernah mengerjakan jenis software yang diinginkan oleh perusahaan.

Anda bisa mencoba software yang sebelumnya pernah dibuat tersebut lalu bisa memberikan masukan tentang apa yang perlu ditambahkan atau dikurangi sesuai dengan bisnis yang dijalankan.

5. Komunikasi yang Baik

Seperti yang telah dijelaskan, proyek pengembangan software membutuhkan komunikasi yang baik antara tim pengembang dan klien. Penting untuk memilih perusahaan software yang membuka komunikasi sehingga pengembangan software dapat diikuti oleh klien.

Setiap tahapan pengembangan bisa dikomunikasikan sehingga hasilnya bisa sesuai dengan yang diinginkan. Saat klien meminta revisi maka, perusahaan software juga harus melakukan perbaikan sesuai dengan kontrak yang telah dibuat.

Itulah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih perusahaan pengembang software. Selain itu, perlu juga menyesuaikan dengan Anggaran anda. Apalagi bagi bisnis kecil yang memiliki dana terbatas.

Kesimpulan

DISAYA, Software House Berpengalaman untuk Pengembangan Aplikasi Perusahaan Anda

Software merupakan alat yang cukup penting dalam menjalankan sebuah usaha atau bisnis. Memiliki software yang tepat bisa membantu bisnis untuk bisa berkembang dengan baik.

Disaya Software House adalah salah satu perusahaan IT di Makassar yang dapat melayani kebutuhan aplikasi atau software perusahaan Anda. Anda bisa berkonsultasi tentang jenis software serta fitur apa yang Anda inginkan ada di dalamnya.

Pengembang dari Disaya juga mampu menyesuaikan dengan sistem yang sudah berjalan dalam perusahaan Anda sebelumnya sehingga software dapat digunakan dengan baik.

Disaya Aja

Muis Fadli CMO Disaya Group. I Love to learn something new everyday.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *