Om Baldan Founder DISAYA Group | Pejuang Keluarga yang terus belajar banyak hal dan berharap keberkahan Ilmu dari para Guru Kehidupan.

10 Contoh Website Company Profile Terbaik

3 min read

Macam website company profile

Nggak cuma manusia aja yang harus eksis di internet, tapi perusahaan juga perlu. Salah satu caranya yaitu dengan membuat website company profile.

Selain memiliki akun media sosial, perusahaan sebaiknya memiliki website untuk meningkatkan branding.

Agar website bisa menaikan popularitas perusahaan di internet, maka tidak bisa asal dibuat. Melainkan harus dibuat semenarik mungkin.

Untuk kamu pengusaha dan pebisnis, saya sarankan baca artikel ini hingga selesai untuk mendapatkan inspirasi web company profile terbaik.

Apa itu Website Company Profile?

Website company profile adalah website perusahaan yang bertujuan untuk memberi tahu (calon pembeli/pelanggan) tentang produk, layanan, alamat, kontak, dan informasi lainnya.

Meskipun tujuannya sesimpel itu, tetap websitenya harus dibuat semenarik mungkin. Biar apa? Supaya orang tertarik dan selalu ingat. Lagi-lagi tujuannya untuk branding.

Informasi yang Sebaiknya ada di Web Company Profile

Kesalahan beberapa perusahaan ketika membuat website adalah terlalu fokus pada desain, padahal ada hal lain yang juga perlu diperhatikan.

Secara umum, company profile sebaiknya memuat beberapa informasi berikut ini.

  • Tentang perusahaan/profil perusahaan
  • Visi
  • Kontak
  • Alamat
  • Layanan/produk

Contoh Website Company Profile

“Saya mau bikin company profile tapi masih bingung om yang bagus gimana?”

Tenang, saya sudah siapkan inspirasi web company profile yang bagus dari berbagai perusahaan dalam dan luar negeri.

Langsung saja!

1. Samsung Indonesia: samsung.com/id

website company profile samsung (1)

Samsung memiliki website yang sangat simpel dengan warna putih yang mendominasi.

Desain ini menjadikan orang langsung fokus untuk melihat produk yang ditampilkan di website. Background warna putih benar-benar membuat produk Samsung tampak menonjol.

Navigasinya juga mudah, sehingga pengunjung bisa langsung menemukan apa yang mereka cari.

2. Philips Indonesia: philips.co.id/id

website company profile philips

Philips tidak membuat desain yang aneh-aneh di websitenya. Justru mereka hanya menampilkan foto-foto berukuran besar yang dilengkapi dengan tulisan.

Desain dari Philips ini memang cukup unik, karena biasanya perusahaan justru menghindari mengisi websitenya dengan foto-foto berukuran besar.

Namun, keunggulan dari Philips adalah pemilihan foto yang menarik serta warna dari setiap foto yang berbeda. Hal ini berhasil membuat website tetap terlihat menarik dan tidak monoton.

Jika kamu ingin mengaplikasi desain website perusahaan yang didominasi oleh foto, pastikan pikirkan matang-matang.

Pastikan kombinasi foto dan warna foto benar-benar menarik. Atur juga jarak yang pas antar foto agar tidak berdempet.

3. Starbucks: starbucks.com

website company profile starbucks (3)

Beralih ke web company profile luar negeri, kali ini saya memilih Starbucks.

Starbucks nggak cuma kopinya yang enak, tapi tampilan websitenya juga sangat sedap dipandang.

Sama seperti situs company profile lainnya, Starbucks juga mengandalkan desain yang simpel atau sederhana.

Yang membuat unik, website mereka dibagi menjadi dua layout, kanan dan kiri. Dua layout ini diisi dengan gambar dan tulisan secara selang-seling. Gambar di kanan, tulisan di kiri, begitupun sebaliknya.

Desain company profile ini bisa kamu tiru, tapi… lagi-lagi kamu harus memperhatikan masalah warna. Jika warnanya tidak pas, maka akan membuat kombinasi dua layout ini tampak jelek.

4. Gojek: gojek.com

website company profile gojek

Kita semua udah tau ya, kalo iklan-iklan Gojek di TV itu keren-keren banget dan bikin yang nonton inget terus.

Nah, website mereka juga nggak kalah menariknya. Uniknya dari website si Gojek ini adalah mereka menempatkan sebuah kolom slide yang isinya gambar-gambar menarik.

Jika biasanya company profile lain hanya menampilkan foto-foto produk mereka, Gojek nggak seperti itu. Mereka menampilkan foto-foto unik tanpa menyebutkan produk di foto tersebut.

Meski tanpa menyebutkan produk, sebagai pengunjung kita pasti bakal tau maksud dari foto tersebut. Nah, ini keren banget dan belum banyak perusahaan lain yang bisa sekreatif Gojek.

Tentu Gojek juga tetap menampilkan apa saja layanan mereka di websitenya.

5. Apple Indonesia: apple.com

website apple

Tadi di atas kita udah ngomongin Samsung, sekarang gantian Apple.

Ngomongin Apple, pasti langsung kebayang produknya yang keren, mewah, dan muahal tentunya.

Tapi Apple yang keren nggak cuman produknya, tapi website officialnya juga.

Website Apple ini cukup unik, karena mereka mengkombinasikan warna hitam dan putih. Jadi ada gelap ada terang. Kayak pake dark mode dan light mode sekaligus.

Meski menggabungkan dua warna yang kontras, hitam dan putih, website Apple tetap menarik untuk dilihat dan nggak bikin sakit mata.

Kuncinya adalah didesain atau peletakan warna-warna tersebut. Supaya lebih jelas, kamu cek aja langsung websitenya ya.

Tambahan, Apple juga menggunakan header dengan tinggi yang sangat pendek.

6. Unilever Indonesia: unilever.co.id

website unilever

Unilever menggunakan website officialnya lebih untuk menonjolkan tujuan mereka dan bukan produk. Oleh karena itu, produk atau brand mereka letakan di bawah.

Bagian atas lebih ke slogan dan kegiatan-kegiatan sosial yang mereka lakukan.

Nah, strategi company profile ala Unilever ini juga bisa kamu contoh. Jadi, tidak fokus menonjolkan produk tapi lebih ke mengenalkan visi dari perusahaan tersebut.

Strategi ini cocok untuk jangka panjang, terutama untuk membangun kepercayaan pelanggan.

Kalo secara desain, website Unilever ini cukup rame baik secara tampilan maupun warna. Mereka menggunakan kombinasi lebih dari 3 warna di homepagenya.

7. Nike: nike.com

website nike

Website Nike secara umum fokus menampilkan produk-produk mereka. Mulai dari produk terbaru, produk trending, dan produk rekomendasi.

Website mereka fokus menggunakan warna putih sehingga membuat produk mereka menjadi lebih terlihat.

Desain seperti ini cocok jika perusahaan kamu bergerak di bidang fashion.

8. Microsoft – microsoft.com/id-id

website microsofot

Microsoft mengusung desain website sederhana dengan warna putih sebagai background. Di Official websitenya, Microsoft tidak fokus menampilkan semua produk-produk mereka, lebih ke produk-produk terbaru.

Desainnya benar-benar simpel jadi nggak banyak yang bisa saya komentarin.

9. McDonald’s Indonesia – mcdonalds.co.id

website mcd

Untuk yang bisnisnya restoran atau kuliner, bisa mencontoh desain website dari McDonald’s. 

Pada bagian atas, McD fokus menampilkan promo-promo terbaru mereka. Jadi, ketika orang mengunjungi website, bisa langsung mengetahui promo apa saja yang sedang ada di McD.

Baru di bawahnya ada info lain seperti menu, ajakan mendownload aplikasi, dan lowongan kerja di McD.

Website Company Profile McD juga menampilkan informasi secara lengkap, mulai dari menu hingga daftar lokasi gerai mereka di seluruh Indonesia.

10. Shell –shell.co.id

website shell

Shell mengusung desain website magazine (majalah). Keunggulan dari website Shell adalah kelengkapan dan kejelasan informasi.

Tidak cuma informasi tentang produk mereka, Shell juga memberikan berbagai informasi menarik lainnya. Termasuk tentang bagaimana inovasi mereka terhadap energi di masa depan.

Baca juga:

Ya, itu tadi 10 contoh website company profile terbaik dari segi desain dan isinya. Semoga bisa menjadi gambaran untuk kamu yang berencana membuat website perusahaan. Jika kamu ingin web perusahaan dengan desain menarik dan terima jadi, jangan ragu untuk klik di sini.

Disaya Aja

Om Baldan Founder DISAYA Group | Pejuang Keluarga yang terus belajar banyak hal dan berharap keberkahan Ilmu dari para Guru Kehidupan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *