Carolina Puteri Carolina is a Pisces girl. She dreams of living in the world of Harvest Moon.

Review ROG Strix Scar 16, Laptop Gaming Paling Powerful

2 min read

ASUS ROG Strix Scar 16

Anda perlu tahu jika tidak semua laptop mumpuni untuk bermain game. Ada laptop yang hanya mampu menuntaskan tugas komputasi biasa dan tidak nyaman untuk gaming. Salah satu laptop yang powerful dan didesain untuk para gamers adalah ROG Strix Scar 16.

Spesifikasi ROG Strix Scar 16 Powerful

Laptop ini tidak hanya sekedar bertenaga untuk bermain game, tetapi juga dibekali dengan berbagai fitur canggih yang dapat memanjakan para gamers. Jika Anda penasaran bagaimana review laptop gaming yang satu ini, simak ulasan lengkapnya, berikut ini:

1. Desain

Jika dilipat, laptop ini memiliki desain yang sangat modern dan futuristik. Sayangnya, jika Anda melihatnya dari samping, terlihat jelas bezel plastik yang ada di dasar laptop sehingga meninggalkan kesan yang kurang estetik.

Keyboard pada laptop ini sangat simple dan minimalis sehingga memudahkan Anda bermain game. Adanya pencahayaan RGB pada keyboard dan casing juga menjadikan laptop ini sangat terlihat sebagai laptop gaming nan canggih.

Pada engselnya juga dilengkapi dengan rangkaian lampu yang dapat memberikan Anda indikator daya baterai dan tingkat kecerahan layar. Anda bisa menyesuaikan cahaya RBG ini dari aplikasi Armoury Create yang sudah terinstall di laptop.

2. Performa

Penggunaan processor i9 Generasi ke-13 membuat laptop ini sangat bertenaga. Apalagi ditambah dengan GPU Nvidia GeForce RTX 4080 yang membuat game menantang sekalipun dapat berjalan dengan lancar dengan laptop ini.

RAM yang digunakan pada laptop ini adalah 32GB sehingga memiliki performa jempolan. Sistem pendinginan pada laptop ini juga bekerja sangat baik sehingga ketika Anda memainkan game yang intens, keyboard dan juga depan mesin laptop akan tetap sejuk saat disentuh.

3. Layar

Laptop ini memiliki layar 16 inci dengan resolusi QHD (2560 x 1600) dan refresh rate 240Hz sehingga Anda bisa memaksimalkan laptop ini untuk bermain game. Selain itu, terdapat teknologi NVIDIA G-SYNC yang mampu menyinkronkan frame rate GPU dengan refresh layar sehingga anti stuttering dan anti tearing.

Fitur anti glare pada layar ini juga mengesankan, bahkan di bawah sinar matahari yang cerah sekalipun. Dengan begitu, tidak jadi masalah jika Anda ingin bermain game di luar ruangan.

Anda juga bisa meningkatkan kecerahannya hingga 1100 nits sehingga Anda bisa bermain game lebih nyaman. Fitur ini tentu saja lebih tinggi dibandingkan laptop sekelasnya yang hanya dibekali dengan 500 nits saja.

Tidak hanya hanya disitu, laptop ini juga memiliki sertifikat Dolby Vision HDR sehingga ketika Anda bermain game, visualnya sangat detail dan warnanya pun tajam.

4. Daya Tahan Baterai

Jika Anda mencari laptop gaming yang memiliki performa daya tahan baterai yang mengesankan, ROG Strix Scar 16 adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, laptop ini menggunakan baterai 90Wh sehingga daya tahannya lebih awet.

Ketika baterai laptop ini terisi penuh, Anda bisa memainkan game hampir 2 jam lamanya. Sementara itu, jika Anda menggunakannya untuk komputasi biasa, laptop ini bisa bertahan hingga 5 jam.

5. Konektivitas

Karena laptop dari ASUS ini memiliki sistem pendingin ROG Intelligent Cooling Technology yang terdapat pada bagian belakang laptop, maka port terdapat di bagian body kanan dan kiri.

Laptop ini dibekali dengan USB-A dan USB-C, namun Anda perlu memperhatikan jika laptop ini hanya memiliki satu port Thunderbolt 4.0. Adanya WiFi 6E membuat game ini sangat cocok untuk permainan multi pemain yang mengandalkan koneksi yang stabil.

Kemudian, ada juga port untuk HDMI 2.1 sehingga Anda bisa menghubungkan laptop ini ke layar tambahan. Jika Anda ingin memiliki konektivitas yang lebih stabil, laptop ini dilengkapi dengan 2.5 Gbps LAN. Ada juga 3.5 mm combo audio jack untuk menghubungkan perangkat audio.

6. Fitur Lainnya

Permainan game menjadi lebih seru karena laptop ini dilengkapi dengan Dolby Atmos dan 4 speaker amp pintar sehingga menghasilkan suara yang mengesankan. Meskipun audio pada laptop ini berkualitas, sayangnya webcam pada laptop ini hanya 720p.

Jadi, jika Anda bermain game menggunakan Discord untuk obrolan suara, mungkin ini tidak akan menjadi masalah besar.

Itulah ulasan yang menarik tentang review ASUS ROG Strix Scar 16 yang memiliki performa yang gahar.

Jika Anda tertarik untuk memilikinya, harganya dibanderol mulai Rp66.999.000, tergantung spesifikasinya. Harganya memang tergolong tinggi, namun Anda akan mendapatkan pengalaman bermain game yang menakjubkan!

Disaya Aja

Carolina Puteri Carolina is a Pisces girl. She dreams of living in the world of Harvest Moon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *