Om Baldan Founder DISAYA Group | Pejuang Keluarga yang terus belajar banyak hal dan berharap keberkahan Ilmu dari para Guru Kehidupan.

7 Kriteria Website yang Baik dan Berkualitas Bagus

3 min read

Kriteria-Website-yang-Baik

Banyak yang tanya ke saya apa kriteria website yang baik? Sebenarnya jawabannya bisa beda-beda, karena harus disesuaikan juga dengan jenis websitenya.

Misal, website untuk Adsense dan untuk toko online tentu beda kriteria penilaiannya.

Oleh karena itu, kali ini saya bakal share kriteria website yang bagus secara umum. Kriteria-kriteria berikut ini sebaiknya ada di setiap website supaya disukai oleh pengunjung dan juga Google.

7 Kriteria Website yang Bagus

Di sini saya memilih 7 kriteria yang harus dimiliki oleh website:

  • Speed
  • Mobile Friendly
  • Content
  • UX
  • Authority
  • Security
  • SEO Friendly

1. Speed

Speed kriteria website yang bagus

Speed atau kecepatan loading website jadi salah satu elemen paling penting dari sebuah website.

Kamu mungkin pernah, membuka sebuah website yang loadingnya lama banget, apa yang kamu lakuin? Close dan cari website lain kan?

Seperti data yang diungkapkan oleh Neil Patel, 53% visitor akan meninggalkan website yang memiliki waktu load lebih dari 3 detik.

Nah, maka dari itu, ketika membuat website, pastikan website kamu memiliki speed yang cepat, jangan sampai lemot.

Speed website ini dipengaruhi oleh banyak hal, mulai dari hosting yang kamu gunakan, tema, gambar, hingga plugin.

Jadi, saat akan membuat website pastikan kamu memilih hal-hal tersebut dengan benar, terutama hosting.

“Kalo hosting di Indonesia yang bagus apa ya Om?”

Saya sarankan kamu memilih Niagahoster. Karena memang sudah terbukti kualitasnya. Gunakan kode “disaya” untuk dapat tambahan diskon 5%.

Untuk kamu yang sudah mempunyai website, coba cek lagi speed website kamu.  Jika lebih dari 3 detik, berarti perlu kamu optimasi lagi kecepatannya.

2. Mobile Friendly

Mobile-Friendly

Ini nggak kalah penting, bahkan super penting.

Kenapa?

Faktanya, sekarang 90% visitor website adalah berasal dari mobile, atau pengguna smartphone. Kalo nggak percaya, kamu bisa cek di Google Analytics atau Google Search Console websitemu sendiri.

Hal ini membuat website yang nggak mobile friendly, berpeluang besar kehilangan banyak visitor.

Tapi, ngomong-ngomong mobile friendly itu yang gimana?

Simpelnya, website mobile friendly itu yang tampilannya bagus ketika diakses lewat gadget dengan layar kecil seperti smartphone.

Website yang mobile friendly akan membuat pengunjung merasa nyaman dengan tampilan website.

Tambahan, Google juga menjadikan mobile friendly sebagai salah satu faktor utama SEO saat ini.

Jadi, kalo kamu ingin mengoptimalkan website kamu dari sisi SEO, pastikan sudah mobile friendly terlebih dahulu.

3. Konten

website yang bagus

Pernah denger ungkapan “content is king”?

Ungkapan ini memang bener banget. Konten adalah salah satu kunci bagus atau tidaknya website.

Jika kamu perhatikan, saat ini website-website semakin ketat bersaing menghadirkan high quality content.

Beberapa tahun lalu, konten-konten sampah yang isinya pendek dan hasil copas terkadang masih bisa masuk ke halaman 1 Google, tapi kalo sekarang jangan harap.

Ini menunjukan bahwa saat ini setiap website harus mampu memproduksi konten yang bagus agar disukai oleh visitor dan disukai Google.

“kriteria konten yang bagus itu seperti apa om?”

Konten website (artikel) yang bagus biasanya memiliki kriteria di bawah ini:

  • Lengkap
  • Kaya Informasi (ada gambar, video, grafik)
  • Enak dibaca, nggak bikin pembaca pusing. Kalimat dan paragraf disusun rapi.
  • Informasi yang disajikan fresh dan valid, artinya informasi yang disampaikan adalah baru dan bukan hoax.
  • Menyelesaikan masalah pembaca.

4. UX (User Experience)

website yang baik

UX atau bahasa Indonesianya pengalaman pengguna, ini penting untuk diperhatikan. Website yang baik adalah yang membuat orang merasa senang ketika mengunjunginya.

UX ini berkaitan dengan banyak hal mulai dari speed, tampilan atau desain, navigasi, dan lain-lain.

Jadi, coba perhatikan website yang kita buat, apakah speednya sudah cepat? sehingga orang tidak perlu menunggu lama.

Apakah desainnya sudah nyaman untuk dilihat? Kombinasi warna yang cantik, font dengan ukuran yang pas sehingga nggak bikin sakit mata, dan lain-lain.

Apakah navigasinya mudah dan jelas? Artinya orang mudah untuk berpindah dari satu halaman ke halaman lain, mudah menemukan informasi yang mereka. Termasuk, mudah dalam melakukan pembelian, jika websitenya adalah toko online.

5. Authority

Authority-Kriteria-Website-yang-Baik

Authority atau Otoritas website sangat penting saat ini, terutama dari segi SEO.

Website yang memiliki authority yang tinggi, lebih diprioritaskan oleh Google untuk masuk halaman 1.

Oleh karena itu, membangun authority website ini sangat penting. Authority website berkaitan dengan branding.

Jika website kamu memiliki banyak followers di medsos, banyak backlink dari website besar, maka otoritasnya akan lebih baik dibanding yang brandingnya lemah.

Jadi, saat ini jika kamu serius ingin membangun sebuah website untuk jangka panjang, maka harus mulai memikirkan untuk membangun branding di media sosial juga.

Cari website-website besar yang sekiranya bisa memberikan kamu backlink. Bahkan walaupun tanpa link, asalkan nama websitemu disebut di website besar seperti detik.com, itu sudah bisa menjadi penilaian di mata Google untuk meningkatkan authority websitemu.

6. Security

Security-Kriteria-Website-yang-Baik

Security atau keamanan website ini tidak bisa dianggap sepele. Situs harus aman dari hacker yang bisa mencuri data kita maupun data pengunjung.

Karena lebih mudah mencegah website dihack, daripada memperbaiki website yang sudah kena hack.

Pastikan kamu menggunakan SSL. Website yang sudah menggunakan SSL tandanya ada gembok warna hijau di browsernya ketika dikunjungi.

Selain itu, buat kata sandi yang kuat dan tidak mudah dibobol.

Kamu juga bisa menggunakan layanan tambahan seperti Cloudflare untuk mencegah website kamu dari serangan DDoS.

7. SEO Friendly

SEO-Friendly

Kriteria yang terakhir adalah SEO Friendly.

Kenapa website harus SEO Friendly?

Karena SEO merupakan salah satu cara mendapatkan traffic gratis dari Google. Website yang SEO Friendly maka akan lebih disukai Google dan berpeluang mendapat peringkat yang bagus di SERP.

Percuma memiliki website yang bagus tapi tidak muncul di Google.

Kecuali, memang kamu membuat website khusus hanya untuk keperluan iklan Facebook. Kalo itu udah beda cerita.

Website yang SEO Friendly itu gimana?

Sebenarnya sebuah website dikatakan SEO Friendly jika bisa memenuhi unsur-unsur yang saya sebutkan di atas.

Ya, mulai dari Speed, Mobile Friendly, Konten, Desain, Authority, dan Security.

Jadi, kalo website kamu speednya cepat, bisa diakses lewat mobile, kontennya berkualitas, tampilannya bagus, authoritynya tinggi, dan keamanannya terjamin, artinya website kamu udah SEO Friendly.

Kesimpulan

Membuat website tidak bisa asal-asalan, harus memenuhi unsur-unsur tertentu agar website bisa dikatakan baik. Kriteria-kriteria di atas wajib ada di sebuah website.

Jika kamu ingin membuat website yang bagus tapi masih belum tau caranya, kamu bisa belajar di sini.

Nah, itu dia sharing dari saya kali ini mengenai kriteria website yang baik. Cek lagi apakah website kamu sudah memenuhi semua kriteria di atas. Jika kamu perlu bantuan untuk membuat website sesuai kriteria di atas, bisa klik di sini.

Disaya Aja

Om Baldan Founder DISAYA Group | Pejuang Keluarga yang terus belajar banyak hal dan berharap keberkahan Ilmu dari para Guru Kehidupan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *